Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:24 WIB | Sabtu, 12 September 2015

Wisata Balai Kota Resmi Dibuka

Wisata Balai Kota DKI Jakarta resmi dibuka pada Sabtu (12/9) oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wisata Balai Kota DKI Jakarta resmi dibuka pada Sabtu (12/9) oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ratusan pengunjung mendatangi gedung yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat itu sejak pukul 09.00 WIB pagi.

Musik tradisional gambang kromong dan Abang None Betawi menyambut pengunjung yang datang beramai-ramai dan ingin berkeliling di perkantoran pegawai negeri sipil di lingkungan Ibukota itu. Kepala Biro Umum DKI Jakarta, Agustino Darmawan, menjelaskan pengunjung dapat masuk ke ruangan yang telah dipersiapkan dibuka untuk umum.

Ruang yang boleh dimasuki oleh pengunjung di antaranya ruang rapat gubernur, ruang tamu gubernur, balai agung, balairung, dan Butik Dekranasda. Di sebelah timur air mancur yag terletak di halaman Balai Kota juga telah disediakan mobil perpustakaan keliling. Mobil perpustakaan keliling merupakan sumbangan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Agustino menjelaskan, wisata Balai Kota akan dibuka setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB untuk dalam gedung dan 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB untuk luar gedung.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, hadir dalam peresmian pukul 10.15 WIB. Ia terkejut karena peresmian Balai Kota sebagai lokasi wisata di luar ekspektasinya.

“Saya pikir tidak seperti ini acaranya. Saya bilang ke Biro Umum, buka saja langsung pukul 09.00 WIB. Saya rencananya mau datang pukul 10.00 WIB diam-diam dan hanya mau lihat-lihat. Jadi mohon maaf kalau pengunjung menunggu (saya, Red) begitu lama,” ujar Ahok.

Ahok menjelaskan, maksud pembukaan Balai Kota sebagai lokasi wisata dimaksudkan agar masyarakat dapat lebih dekat dengan pemerintah. Warga dapat menikmati Monumen Nasional (Monas) saat malam hari dari Kantor Balai Kota.

Nggak semua warga punya teras luas dan halaman luas. Ini kan dulu rumahnya penguasa Belanda. Orang Belanda enak bener duduk di sini. Kenapa orang Jakarta nggak boleh ngerasain kayak orang Belanda?” kata Ahok.

Peresmian dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah DKI Saefullah, Sekretaris Dewan Muhammad Yuliadi, Kepala Inspektorat Lasro Marbun, Kepala Biro Umum Agustino Darmawan, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Andri Yansyah, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP) Irwandi, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Ratna Diah Kurniati, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah Ika Lestari Aji, Kepala Biro Kepala Daerah (KDH) dan Kerja sama Luar Negeri (KLN) Marwadi, dan segenap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home