Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:09 WIB | Kamis, 01 Oktober 2015

Xi Jinping Undang Etnis Minoritas di Hari Nasional Tiongkok

Presiden Tiongkok Xi Jinping (tengah) bertemu dengan 13 perwakilan etnis di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibukota Tiongkok, 30 September 2015. Pada peringatan 66 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, Presiden mengundang perwakilan solidaritas 13 akar rumput yang beredar etnis yang berasal dari lima daerah otonom Mongolia, Guangxi, Tibet, Ningxia dan Xinjiang, ke Beijing. (Foto: xinhuanet.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Presiden Tiongkok Xi Jinping mengundang beberapa masyarakat dari perwakilan  lima daerah otonom di Tiongkok yang diundang ke perayaan Hari  Nasional Tiongkok.

Xi mengakui etnis minoritas tersebut bagian dari solidaritas etnis. "Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan kepada Anda, sesama orang dan semua 56 kelompok etnis, keinginan saya yang terbaik dan salam festival,” kata Xi Pada peringatan 66 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibukota Tiongkok, Rabu (30/9), seperti diberitakan Xinhuanet.  

Xi mengundang mereka dalam rangka  kontribusi mereka terhadap kesatuan etnis. Perwakilan dari lima daerah otonom antara lain: Mongolia, Guangxi, Tibet, Ningxia dan Xinjiang, tuan rumah mayoritas penduduk kelompok etnis bangsa, yang mencakup hampir sepersepuluh dari total penduduk.

Xi menyebut semua orang dari berbagai kelompok etnis telah menciptakan Republik Rakyat Tiongkok, dan membuat kontribusi luar biasa untuk pembangunan.

“Saya telah menekankan berkali-kali bahwa pemerintah dalam membangun Tiongkok tidak meninggalkan satu kelompok etnis pun  dalam proses  membangun kesejahteraan rakyat,” kata Xi.

Ia mendesak orang-orang dari semua kelompok etnis untuk mencintai satu sama lain seperti saudara dan saudari, pertukaran lebih dan melakukan upaya untuk menjaga kesatuan.

Wakil dari agama Katolik, Suster Enwaer dari Xinjiang, menghabiskan dua bulan membuat bordir bertuliskan kata-kata "Mari kita berjuang untuk mewujudkan impian Tiongkok yang memiiki satu hati,” tulis Suster Enwaer.

“Ini kehormatan terbesar dalam hidup saya diundang ke Balai Agung Rakyat," kata Enwaer. (xinhuanet.com)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home