Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:04 WIB | Jumat, 18 Februari 2022

Yordania: Penyeludupan Narkotika dari Suriah Makin Terorganisasi

Mereka menggunakan kendaraan canggih, bahkan drone dan dilindungi kekuatan bersenjata.
Foto yang dirilis oleh kantor berita resmi Suriah, SANA, otoritas Suriah memajang pil Captagon, di pedesaan Damaskus, pada 30 November 2021. (Foto: dok.AP)

AMMAN, SATUHARAPAN.COM-Perdagangan narkoba dari Suriah ke Yordania menjadi "terorganisir" dengan penyelundup meningkatkan operasi dan menggunakan peralatan canggih termasuk pesawat tak berawak, kata tentara Yordania, hari Kamis (17/2).

Sejak awal tahun ini, tentara Yordania telah membunuh 30 penyelundup dan menggagalkan upaya untuk menyelundupkan ke kerajaan dari Suriah sebanyak 16 juta pil Captagon, lebih banyak dari yang mereka sita sepanjang tahun 2021, kata militer.

“Hal paling berbahaya yang kami perhatikan baru-baru ini adalah kehadiran kelompok-kelompok bersenjata di samping para penyelundup,” kata Kolonel Zaid al-Dabbas kepada wartawan selama tur di perbatasan.

Kelompok-kelompok ini, katanya, “memiliki taktik baru, seperti kejahatan terorganisir” dan menggunakan “kendaraan canggih… serta drone.”

Perwira senior lainnya, Kolonel Mustafa al-Hiyari, memperingatkan bahwa “siapa pun yang mencoba… menyelundupkan narkoba ke Yordania akan mati,” sambil mengarahkan tangannya ke daerah perbatasan.

Pada 27 Januari, tentara mengatakan membunuh 27 pedagang dalam bentrokan ketika mereka mencoba memasuki Yordania dari Suriah.

Itu adalah konfrontasi paling mematikan dalam perang tentara melawan penyelundup. Tiga tersangka penyelundup lainnya tewas dalam operasi terpisah tahun ini.

Sekitar 160 kelompok penyelundup beroperasi di Suriah selatan, dekat perbatasan dengan Yordania, menurut al-Dabbas.

Al-Hiyari mengatakan kepada wartawan bahwa sejumlah besar obat-obatan terlarang telah disita sejak awal tahun. Ini termasuk 17.348 bungkus ganja dan lebih dari 16 juta pil Captagon, dibandingkan dengan 15,5 juta pil untuk semua tahun 2021 dan 1,4 juta pil pada tahun 2020.

Captagon adalah stimulan jenis amfetamin yang diproduksi sebagian besar di Lebanon, meskipun mungkin juga di Irak dan Suriah. “Yordania mengobarkan perang yang tidak diumumkan di sepanjang perbatasan melawan pengedar narkoba dan mereka yang mendukung mereka,” kata al-Hiyari.

Yordania, kata para petugas, bekerja sama dengan pihak berwenang Suriah untuk memberantas perdagangan manusia di sepanjang perbatasan. “Kami mendapat tanggapan yang sangat positif dari pemerintah Suriah, tetapi di lapangan itu tidak berlangsung lama,” kata al-Hiyari.

"Kami telah mengkonfirmasi informasi bahwa beberapa pos pemeriksaan Suriah bekerja sama dengan beberapa penyelundup dalam beberapa kasus ... beberapa pos pemeriksaan yang berafiliasi dengan tentara Suriah membantu penyelundup dan memberikan perlindungan," tambahnya.

“Tetapi kami tidak dapat memastikan bahwa ini dilakukan atas instruksi dari tentara Suriah, mungkin ini adalah kasus korupsi di pos pemeriksaan ini,” kata al-Hiyari. Dia juga mengatakan bahwa tidak jelas apakah obat-obatan itu diproduksi dan berasal dari Suriah atau "dari tempat lain."

Menurut laporan yang didanai Uni Eropa oleh Pusat Analisis dan Penelitian Operasional, “Ekspor Captagon dari Suriah mencapai nilai pasar setidaknya US$ 3,46 miliar” pada tahun 2020. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home