Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:44 WIB | Selasa, 04 Maret 2014

Yosef Rabindanata Nugraha: Mantan Perokok yang Peduli Generasi Muda

Yosef Rabindanata Nugraha: Mantan Perokok yang Peduli Generasi Muda
Dari kiri ke kanan, Yosef Rabindanata Nugraha, Johannes Spatz, Max Vollmer. (Foto: welt.de)
Yosef Rabindanata Nugraha: Mantan Perokok yang Peduli Generasi Muda

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Berawal dari kesadarannya akan bahaya merokok, Yosef Rabindanata Nugraha, penggagas dari gerakan Indonesia Bebas Rokok, memutuskan berhenti merokok dan mulai peduli terhadap generasi muda yang saat ini menjadi target pemasaran produk rokok.

“Saya memutuskan membuat komunitas yaitu Komunitas Bebas Rokok pada tahun 2012,” kata Yosef kepada satuharapan.com. ”Melalui komunitas ini, saya mengajak teman-teman dan generasi ini, dan mengedukasi mereka bahwa merokok adalah akitvitas yang tidak normal yang merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.”

Yosef mengaku, salah satu motivasi yang membuatnya berhenti merokok adalah merugikan kesehatan dan banyak mengeluarkan uang untuk membeli rokok setiap harinya. Selain itu, merokok membuatnya tidak bisa melaksanakan kegemarannya berolahraga secara maksimal.

 Melalui komunitas tersebut, Yosef mampu menjangkau anak-anak muda untuk bersih dari rokok melalui media sosial. Dia beranggapan media sosial lebih efektif memberikan sosialisasi yang edukatif karena pengguna situs media sosial kebanyakan kalangan anak-anak muda.

Upaya Yosef mulai menampakkan hasil. “Sekarang mulai banyak orang nge-tweet atau mention kita bahwa mereka sudah sadar akan bahaya rokok dan mulai ada pula yang mulai belajar berhenti merokok,” dia menjelaskan.

Langkah selanjutnya selain melalui media sosial, Yosef akan membuat kampanye yang lebih kreatif lagi secara sederhana seperti membuat video atau poster-poster sederhana untuk masyarakat supaya lebih waspada lagi akan bahaya merokok.

Melalui gerakan Indonesia Bebas Rokok, Yosef membidik tujuan utama Indonesia bisa sehat tanpa rokok dan berharap pemerintah bisa memberikan regulasi yang tegas terhadap industri maupun pengguna rokok di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home