Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:23 WIB | Jumat, 23 Desember 2022

Zelenskyy: Bantuan AS adalah Investasi Keamanan Global dan Demokrasi

Presiden Joe Biden berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang mengenakan pakaian lapangan da sepato boot saat mereka bertemu di Oval Office Gedung Putih, Rabu, 21 Desember 2022, di Washington. (Foto: AP/Patrick Semansky)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan kepada para legislator Amerika Serikat yang bersorak selama kunjungan masa perang yang menantang ke ibu kota negara pada hari Rabu bahwa melawan segala rintangan negaranya masih berdiri, berterima kasih kepada orang Amerika karena telah membantu mendanai upaya perang dengan uang yang "bukan amal", tetapi sebuah “investasi” dalam keamanan global dan demokrasi.

Washington, perjalanan pertamanya yang diketahui ke luar negaranya sejak Rusia menginvasi pada bulan Februari, ditujukan untuk menghidupkan kembali dukungan bagi negaranya di AS dan di seluruh dunia pada saat ada kekhawatiran bahwa sekutu semakin lelah dengan perang yang mahal, dan gangguannya terhadap pasokan pangan dan energi global.

Zelenskyy menyebut puluhan miliar dolar dalam bantuan militer dan ekonomi dari AS yang diberikan selama setahun terakhir sangat penting bagi upaya Ukraina untuk mengalahkan Rusia dan meminta lebih banyak lagi di masa depan.

"Uang Anda bukan amal," dia berusaha meyakinkan baik mereka yang ada di ruangan maupun mereka yang menonton di rumah. “Ini adalah investasi dalam keamanan global dan demokrasi yang kami tangani dengan cara yang paling bertanggung jawab.”

Tepat sebelum kedatangannya, AS mengumumkan paket bantuan militer baru senilai US$1,8 miliar, termasuk untuk pertama kalinya rudal permukaan-ke-udara Patriot. Dan Kongres berencana untuk memberikan suara pekan ini pada paket pengeluaran baru yang mencakup sekitar US$45 miliar bantuan darurat tambahan untuk Ukraina.

Pidato kepada Kongres disampaikan setelah Presiden Joe Biden menjamu Zelenskyy di Oval Office untuk konsultasi strategi, mengatakan AS dan Ukraina akan mempertahankan "pertahanan bersatu" mereka saat Rusia melakukan "serangan brutal terhadap hak Ukraina untuk hidup sebagai sebuah bangsa." Biden berjanji untuk membantu mewujudkan "perdamaian yang adil".

Zelenskyy memberi tahu Biden bahwa dia ingin berkunjung lebih cepat dan kunjungannya sekarang menunjukkan bahwa "situasinya terkendali, karena dukungan Anda."

Perjalanan yang sangat sensitif itu terjadi setelah 10 bulan perang brutal yang telah memakan puluhan ribu korban di kedua sisi dan kehancuran bagi warga sipil Ukraina.

Dalam sambutannya kepada anggota parlemen, Zelenskky mengingat kembali kemenangan AS dalam Pertempuran Bulge, titik balik melawan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, dan Pertempuran Perang Revolusi Saratoga, kemenangan Amerika yang membantu menarik bantuan Prancis untuk kemerdekaan AS.

Pemimpin Ukraina itu meramalkan bahwa tahun depan akan menjadi "titik balik" dalam konflik, "ketika keberanian Ukraina dan tekad Amerika harus menjamin masa depan kebebasan kita bersama, kebebasan orang yang membela nilai-nilai mereka."

Menyatakan dalam pidatonya bahwa Ukraina “tidak akan pernah menyerah,” Zelenskyy memperingatkan bahwa pertaruhan konflik lebih besar dari sekadar nasib bangsanya, bahwa demokrasi di seluruh dunia sedang diuji.

“Pertempuran ini tidak dapat diabaikan, berharap lautan atau sesuatu yang lain akan memberikan perlindungan,” katanya, berbicara dalam bahasa Inggris untuk apa yang disebutnya sebagai “pidato untuk orang Amerika.”

Sebelumnya, dalam konferensi pers bersama dengan Biden, Zelenskyy ditekankan tentang bagaimana Ukraina akan mencoba mengakhiri konflik. Dia menolak kerangka Biden untuk menemukan "perdamaian yang adil", dengan mengatakan, "Bagi saya sebagai presiden, 'perdamaian yang adil' bukanlah kompromi."

Dia mengatakan perang akan berakhir setelah kedaulatan, kebebasan, dan integritas wilayah Ukraina dipulihkan, dan Rusia telah membayar kembali Ukraina untuk semua kerusakan yang ditimbulkan oleh pasukannya. "Tidak mungkin ada 'kedamaian yang adil' dalam perang yang dipaksakan pada kami," tambahnya.

Biden, pada bagiannya, mengatakan Rusia "mencoba menggunakan musim dingin sebagai senjata, tetapi orang Ukraina terus menginspirasi dunia." Selama konferensi pers, dia mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin "tidak berniat menghentikan perang kejam ini."

Kedua pemimpin tampaknya berbagi hubungan yang hangat, menertawakan komentar satu sama lain dan saling menepuk punggung selama kunjungan, meskipun Zelenskyy menjelaskan bahwa dia akan terus menekan Biden dan para pemimpin Barat lainnya untuk mendapatkan lebih banyak dukungan.

Dia mengatakan bahwa setelah sistem Patriot aktif dan berjalan, "kami akan mengirimkan sinyal lain kepada Presiden Biden bahwa kami ingin mendapatkan lebih banyak Patriot."

“Kami sedang dalam perang,” Zelenskyy menambahkan sambil tersenyum, saat Biden terkekeh pada permintaan langsung. "Maafkan saya. Aku sangat menyesal."

Biden memberi tahu Zelenskyy bahwa "penting bagi rakyat Amerika, dan bagi dunia, untuk mendengar langsung dari Anda, Tuan Presiden, tentang perjuangan Ukraina, dan kebutuhan untuk terus berdiri bersama hingga tahun 2023."

Biden memberi tahu Zelenskyy, yang mengenakan kaus dan sepatu bot hijau tempur, bahwa "suatu kehormatan berada di sisi Anda."

Pejabat AS dan Ukraina telah menjelaskan bahwa mereka tidak membayangkan resolusi perang yang akan segera terjadi dan bersiap untuk melanjutkan pertempuran untuk beberapa waktu. Infus uang AS terbaru akan menjadi yang terbesar dan melebihi permintaan Biden sebesar US$37 miliar.

Biden mengulangi bahwa sementara AS akan mempersenjatai dan melatih Ukraina, pasukan Amerika tidak akan terlibat langsung dalam perang.

Zelenskky tampaknya sangat menyadari perpecahan politik di AS atas pengeluaran luar negeri yang berkepanjangan, dan meminta anggota DPR dan Senat untuk memastikan kepemimpinan Amerika tetap "bikameral dan bipartisan".

Pemimpin Mayoritas Senat, Chuck Schumer, membuka sesi majelis pada hari Rabu dengan mengatakan bahwa pengesahan paket bantuan dan konfirmasi duta besar AS yang baru untuk Rusia, Lynne M. Tracy, akan mengirimkan sinyal kuat bahwa orang Amerika berdiri "tegas" dengan Ukraina. Tracy kemudian dikonfirmasi dengan suara 93-2.

Senat Republik terkemuka, Senator Kentucky Mitch McConnell, mengatakan "alasan paling mendasar untuk terus membantu Ukraina menurunkan dan mengalahkan penjajah Rusia adalah kepentingan Amerika yang dingin, keras, dan praktis." Dia mengatakan “mengalahkan agresi Rusia akan membantu mencegah krisis keamanan lebih lanjut di Eropa.”

Invasi Rusia, yang dimulai 24 Februari, telah kehilangan momentum. Provinsi Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia yang dicaplok secara ilegal tetap diperebutkan dengan sengit.

Dengan pertempuran di timur menemui jalan buntu, Moskow telah menggunakan rudal dan pesawat tak berawak untuk menyerang peralatan listrik Ukraina, berharap untuk membuat orang-orang tanpa listrik saat cuaca dingin mulai terjadi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home