Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:49 WIB | Kamis, 22 Desember 2022

Presiden Ukraina Bertemu Presiden Joe Biden dan Pidato di Kongres

Foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, kanan, memberikan penghargaan kepada seorang tentara di lokasi pertempuran terberat dengan penjajah Rusia di Bakhmut, Ukraina, Selasa, 20 Desember 2022. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengunjungi Washington pada hari Rabu 921/12) untuk pertemuan puncak dengan Presiden Joe Biden dan untuk berpidato di Kongres dalam perjalanan pertamanya yang diketahui ke luar negeri sejak invasi Rusia dimulai pada bulan Februari.

Zelenskyy mengatakan di akun Twitternya bahwa kunjungan itu “untuk memperkuat ketahanan dan kemampuan pertahanan” Ukraina dan membahas kerja sama antara negaranya dan AS dengan Biden.

Perjalanan yang sangat sensitif itu terjadi setelah 10 bulan perang brutal yang telah menewaskan dan melukai puluhan ribu orang di kedua sisi konflik, bersama dengan kehancuran bagi warga sipil Ukraina. Itu juga terjadi ketika anggota parlemen AS akan memberikan suara pada paket pengeluaran akhir tahun yang mencakup sekitar US$ 45 miliar (setara Rp 698 triliun) dalam bantuan darurat ke Ukraina dan ketika Pentagon bersiap untuk mengirim rudal permukaan-ke-udara Patriot ke negara itu untuk mempertahankan diri.

Zelenskyy menuju ke luar negeri setelah melakukan perjalanan yang berani dan berbahaya pada hari Selasa (20/12) ke tempat yang disebutnya sebagai tempat terpanas di garis depan konflik sepanjang 1.300 kilometer, kota Bakhmut di Provinsi Donetsk yang diperebutkan di Ukraina.

Dia memuji pasukan Ukraina atas "keberanian, ketangguhan, dan kekuatan" mereka saat artileri meledak di latar belakang.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa malam, sekretaris pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, mengatakan Biden menantikan kunjungan tersebut dan bahwa pidato di Kongres akan menunjukkan "dukungan bipartisan yang kuat untuk Ukraina."

“Kunjungan tersebut akan menegaskan komitmen teguh Amerika Serikat untuk mendukung Ukraina selama diperlukan, termasuk melalui penyediaan bantuan ekonomi, kemanusiaan, dan militer,” katanya.

Zelenskyy dijadwalkan bertemu dengan Biden di Gedung Putih pada sore hari dan kemudian bergabung dengan Biden untuk konferensi pers di Ruang Timur. Dia diharapkan untuk berpidato di depan Kongres pada malam hari.

Dalam undangannya kepada Zelenskyy untuk berpidato pada pertemuan gabungan Kongres di US Capitol, Ketua Kongres, Nancy Pelosi, mengatakan “perjuangan untuk Ukraina adalah perjuangan untuk demokrasi itu sendiri” dan bahwa anggota parlemen “berharap untuk mendengar pesan Anda yang menginspirasi tentang persatuan, ketahanan, dan penentuan."

Pejabat AS dan Ukraina telah menjelaskan bahwa mereka tidak membayangkan resolusi perang yang akan segera terjadi dan bersiap untuk melanjutkan pertempuran untuk beberapa waktu. Biden telah mengulangi bahwa meskipun AS akan mempersenjatai dan melatih Ukraina, pasukan Amerika tidak akan terlibat langsung dalam konflik tersebut.

Biden dan Zelenskyy pertama kali membahas gagasan kunjungan ke Washington selama pembicaraan telepon terbaru mereka, pada 11 Desember, dan undangan resmi menyusul tiga hari kemudian, kata seorang pejabat senior pemerintah AS, memberi pengarahan kepada wartawan dengan syarat anonim karena masalah yang sifatnya sensitif tentang kunjungan itu.

Zelenskyy menerima undangan pada hari Jumat dan dikonfirmasi pada hari Minggu, ketika Gedung Putih mulai berkoordinasi dengan Pelosi untuk mengatur pidato kongres.

Gedung Putih berkonsultasi dengan Zelenskyy tentang keamanan untuk kepergiannya dari Ukraina dan melakukan perjalanan ke Washington, termasuk risiko tindakan Rusia sementara Zelenskyy berada sebentar di luar negeri, tambah pejabat itu, menolak merinci langkah-langkah yang diambil untuk melindungi pemimpin Ukraina.

Pejabat itu mengatakan AS memperkirakan Rusia untuk melanjutkan serangannya terhadap pasukan Ukraina dan sasaran infrastruktur sipil meskipun ada perjalanan itu.

Biden dan Zelenskyy sering berbicara melalui telepon saat Gedung Putih mengatur tahap baru bantuan militer untuk Ukraina. Seruan itu sebagian besar hangat, dengan Biden memuji Ukraina karena tetap tabah melawan Rusia dan Zelenskyy berterima kasih kepada presiden AS atas dukungannya.

Pelosi, yang mengunjungi Zelenskyy awal tahun ini di Kiev, mendorong anggota parlemen untuk hadir pada pidato Rabu malam oleh pemimpin Ukraina. “Kami mengakhiri sesi yang sangat istimewa dari Kongres ke-117 dengan undang-undang yang membuat kemajuan bagi rakyat Amerika serta mendukung Demokrasi kami,” tulis Pelosi hari Selasa dalam sepucuk surat kepada rekan-rekannya. “Harap hadir untuk fokus khusus pada Demokrasi Rabu malam.”

Kemudian di Capitol dia berkata tentang orang Ukraina, "Mereka memperjuangkan demokrasi untuk kita semua."

Invasi Rusia, yang dimulai 24 Februari, telah kehilangan momentum. Provinsi Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia yang dicaplok secara ilegal tetap diperebutkan dengan sengit.

Dengan pertempuran di timur menemui jalan buntu, Moskow telah menggunakan rudal dan pesawat tak berawak untuk menyerang peralatan listrik Ukraina, berharap untuk membuat orang-orang tanpa listrik saat cuaca dingin mulai terjadi.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh kantornya dari kunjunganke  Bakhmut, Zelenskyy menyerahkan bendera Ukraina dan disebut untuk dikirimkan kepada para pemimpin AS.

“Orang-orang itu menyerahkan bendera Ukraina kami yang indah dengan tanda tangan mereka untuk kami sampaikan,” kata Zelenskyy dalam video tersebut. “Kami tidak berada dalam situasi yang mudah. Musuh meningkatkan pasukannya. Orang-orang kami lebih berani dan membutuhkan senjata yang lebih kuat. Kami akan menyebarkannya dari anak laki-laki ke Kongres, ke presiden Amerika Serikat. Kami berterima kasih atas dukungan mereka, tetapi itu belum cukup. Itu adalah petunjuk, itu belum cukup.”

Sementara itu, Putin pada hari Selasa memuji “keberanian dan penyangkalan diri” pasukannya di Ukraina, tetapi dia melakukannya pada sebuah upacara di aula mewah dan berkilauan di Kremlin di Moskow, bukan di medan perang.

Pada upacara Kremlin, Putin memberikan penghargaan kepada kepala empat wilayah Ukraina yang dianeksasi secara ilegal oleh Moskow. Dalam pidato video untuk menghormati badan militer dan keamanan Rusia, dia memuji personel keamanan yang dikerahkan ke empat wilayah, dengan mengatakan bahwa "orang-orang yang tinggal di sana, warga Rusia, mengandalkan perlindungan Anda."

Putin mengakui tantangan yang dihadapi personel keamanan. “Ya, sulit bagi Anda,” katanya seraya menambahkan bahwa situasi di daerah “sangat sulit.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home