Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:58 WIB | Jumat, 23 Desember 2022

Lika-liku Perjalanan Volodymyr Zelenskyy ke Wasington

Wakil Presiden AS, Kamala Harris dan Ketua Kongres, Nancy Pelosi dari California, kanan, bereaksi ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyerahkan kepada anggota parlemen sebuah bendera Ukraina yang ditandatangani oleh pasukan di garis depan di Bakhmut, di Provinsi Donetsk yang diperebutkan Ukraina, saat ia berpidato di pertemuan gabungan Kongres di Capitol Hill di Washington, Rabu, 21 Desember 2022. (Foto: AP/Jacquelyn Martin)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Gagasan perjalanan ke luar negeri di masa perang yang berani oleh Volodymyr Zelenskyy ke Washington telah lama dipertimbangkan sebelum kunjungan mendadak terungkap hanya beberapa jam sebelum kedatangan presiden Ukraina itu.

Selama KTT bulan Oktober di Zagreb, Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi berdiskusi dengan rekannya di parlemen Ukraina tentang prospek Zelenskyy berpidato di Kongres AS.

Pejabat pemerintahan Joe Biden juga telah berbicara selama berbulan-bulan dengan Ukraina tentang kunjungan Zelenskyy ke Gedung Putih, berharap kunjungan tersebut sebelum akhir tahun untuk mengirimkan sinyal dukungan yang jelas menjelang musim dingin yang brutal yang dapat memperdalam serangan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Dalam telepon sebelumnya, Zelenskyy telah mengindikasikan kepada Presiden Joe Biden dan pejabat senior lainnya bahwa Amerika Serikat adalah negara pertama yang ingin dia kunjungi ketika waktu yang tepat baginya untuk bepergian, menurut seorang pejabat AS yang mengetahui percakapan tersebut. Jadi dalam pembicaraan telepon pada 11 Desember antara kedua pemimpin, Biden mengulangi undangan tersebut.

Kali ini, kata Zelenskyy kepada Biden, adalah waktu yang tepat.

“Saya benar-benar ingin datang lebih awal. Tuan Presiden mengetahuinya, tetapi saya tidak dapat melakukannya karena situasinya sangat sulit,” kata Zelenskyy dari Oval Office, hari Rabu (21/12). Perjalanan itu bisa terjadi sekarang, kata pemimpin Ukraina itu, karena "kami mengendalikan situasi dan ... pertama-tama, karena dukungan Anda."

Rincian di balik layar dari kunjungan mendadak Zelenskyy ke Washington dijelaskan oleh seorang pembantu Pelosi, seorang pejabat AS dan pejabat administrasi senior, yang semuanya meminta anonimitas untuk menjelaskan perencanaan perjalanan rahasia tersebut. Begitu roda perencanaan mulai bergulir, kunjungan 10 jam Zelenskyy, yang dikemas dalam pertemuan Oval Office dengan Biden, konferensi pers bersama di Gedung Putih, dan pidato di Kongres yang sangat mendukung, datang bersamaan dengan cepat.

Setelah kedua presiden membahas perjalanan pada 11 Desember, Gedung Putih memperpanjang undangan resmi pada 14 Desember, menurut pejabat senior administrasi. Zelenskyy menerima undangan tersebut pada hari Jumat, dan kunjungan tersebut dikonfirmasi dua hari kemudian, di mana pejabat Gedung Putih memberi tahu kantor Pelosi tentang rencana perjalanan pemimpin Ukraina tersebut.

“Saya senang Anda bisa melakukan perjalanan untuk berada di sini,” kata Biden kepada Zelenskyy pada hari Rabu. “Merupakan suatu kehormatan untuk berada di sisi Anda dalam pertahanan bersatu melawan apa yang brutal, perang brutal yang dilakukan oleh Putin.”

Apa yang terjadi pada hari Rabu adalah rencana yang dilaksanakan dengan rumit oleh pejabat AS dan Ukraina untuk dengan cepat dan aman mengarahkan Zelenskyy ke Washington, perjalanan pertamanya yang diketahui di luar perbatasan negara sejak invasi Rusia pada bulan Februari.

Dari Kiev ke Washington

Presiden Ukraina menyeberang ke Polandia hari Rabu pagi, menurut penyiar swasta Polandia, TVN24, tiba di stasiun kereta api di Przemysl, kota perbatasan dan titik kedatangan banyak pengungsi yang melarikan diri dari perang. Ditemani oleh duta besar AS untuk Ukraina, Bridget Brink, Zelenskyy diangkut dengan kendaraan Kedutaan Besar AS ke bandara di Rzeszów, di mana dia naik penerbangan nonstop yang mendarat di Pangkalan Bersama Andrews tak lama setelah Rabu siang.

Yang membawa Zelensky ke Andrews adalah jet Angkatan Udara AS, pesawat pemerintah yang biasanya digunakan untuk sekretaris Kabinet dan pejabat lainnya di bawah presiden dan wakil presiden. Gedung Putih tidak secara terbuka mengumumkan kunjungan Zelenskyy sampai Rabu pukul 01:00, menunggu sampai mereka merasa Zelenskyy sudah aman keluar dari Ukraina.

Begitu Zelenskyy mendarat, perlindungan Secret Service dimulai, seperti yang biasanya dilakukan untuk kunjungankepala negara.

Pejabat senior administrasi mengatakan AS berkonsultasi erat dengan Zelenskyy tentang keamanannya, dan bahwa presiden Ukraina merasa cukup baginya untuk melakukan perjalanan singkat ke Amerika Serikat.

Undangan Kongres AS

Sementara itu, Pelosi, yang telah berkeliling dunia dalam beberapa bulan terakhir untuk membela Ukraina dengan ganas, juga telah menanam benih selama berbulan-bulan untuk pidato Zelenskyy di Kongres.

Dia menghadiri KTT Zagreb pada bulan Oktober atas undangan Zelenskyy dan Ruslan Stefanchuk, ketua parlemen Ukraina. Di sana, Zelenskyy berbicara kepada hadirin tentang “pentingnya solidaritas dunia bebas yang tak tergoyahkan dengan Ukraina”, pidato yang ditekankan Pelosi dalam undangannya kepada presiden Ukraina.

Ketua Kongres AS kembali dari Kroasia dan mulai mendiskusikan gagasan pidato Zelenskyy, memberi tahu para pemimpin kongres utama lainnya, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, Pemimpin Minoritas Kongres, Kevin McCarthy, dan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, tentang percakapannya di luar negeri dan meminta dukungan mereka agar pemimpin Ukraina datang ke Capitol.

Pada hari Rabu, Pelosi, hanya beberapa hari lagi dari penyerahannya kendali ke Republik, akhirnya menyambut Zelenskyy ke Capitol, yang dia sebut sebagai "hak istimewa yang mendalam" dan "kebanggaan besar", datang pada saat Capitol Hill akan memberi lampu hijau tambahan bantuan darurat senilai US$ 45 miliar ke Ukraina.

“Kunjungan Anda datang saat Kongres bersiap untuk kembali meloloskan putaran berikutnya dari bantuan keamanan, ekonomi dan kemanusiaan,” kata Pelosi kepada Zelenskyy. “Dalam 48 jam ke depan, mudah-mudahan ini akan selesai.”

Sebelum dia meninggalkan Ukraina, ada petunjuk dalam kata-kata Zelenskyy sendiri bahwa perjalanan kejutan ke luar negeri bisa dilakukan.

Dalam kunjungan hari Selasa ke Bakhmut, yang terletak di provinsi Donetsk yang diperebutkan Ukraina, Zelenskyy diberikan bendera Ukraina. Dia kemudian berjanji bahwa dia akan meneruskan bendera "dari anak laki-laki ke Kongres, ke presiden Amerika Serikat."

Berdiri di depan Kongres AS pada Rabu malam, Zelenskyy akhirnya mengeluarkan bendera tersebut – yang dipenuhi tanda tangan oleh pasukan Ukraina yang bertempur di garis depan.

"Mereka meminta saya untuk membawa bendera ini kepada Anda, ke Kongres AS, kepada anggota Kongres dan senator yang keputusannya dapat menyelamatkan jutaan orang," kata Zelenskyy dalam kata-kata terakhirnya kepada anggota parlemen. “Jadi biarkan keputusan ini diambil. Biarkan bendera ini tetap bersamamu. Hadirin sekalian, bendera ini adalah simbol kemenangan kita dalam perang ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home