Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:46 WIB | Sabtu, 29 Juli 2023

Zelenskyy Kunjungi Odesa, Pasukan Ukraina Raih Kemajuan di Selatan

Pecahan dekorasi gereja ditata, di luar Katedral Transfigurasi yang rusak akibat serangan rudal di Odesa, pada Juli 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Kamis (27/7) mengunjungi katedral bersejarah di kota pelabuhan selatan, Odesa, beberapa hari setelah rusak akibat serangan Rusia, kata kantor kepresidenan.

"Volodymyr Zelenskyy memeriksa kehancuran di katedral Transfigurasi yang disebabkan oleh pemboman besar-besaran baru-baru ini terhadap infrastruktur sipil dan pusat kota bersejarah Odesa," kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

“Kepala negara diberitahu tentang keadaan kehancuran di dalam gereja dan kondisinya saat ini,” katanya.

Rusia telah menggempur Odesa, kota berusia berabad-abad di tepi Laut Hitam dan salah satu pelabuhan utama Ukraina, sejak Moskow menarik diri dari kesepakatan biji-bijian yang memungkinkan Kiev mengekspor biji-bijiannya meskipun ada perang.

Katedral Transfigurasi terletak di pusat kota bersejarah Odesa, yang sebagiannya masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Katedral ini awalnya dibangun pada 1794 di bawah pemerintahan Kekaisaran Rusia. Itu dihancurkan di bawah pemimpin Uni Soviet Josef Stalin pada tahun 1936 dan dibangun kembali pada 1990-an setelah runtuhnya Uni Soviet.

Merebut Wilayah Yang Diduduki Rusia

Tentara Ukraina telah merebut kembali desa tenggara Staromaiorske dari pasukan Rusia di wilayah Donetsk, sebuah video yang diterbitkan oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy menunjukkan pada hari Kamis (27/7).

“Brigade ke-35 dan unit pertahanan teritorial 'Ariy' telah memenuhi tugasnya dan membebaskan desa Staromaiorske. Kemuliaan bagi Ukraina!” kata seorang tentara dalam sebuah video bahwa Reuters tidak dapat segera melakukan geolokasi.

Desa itu terletak di sebelah selatan sekelompok pemukiman kecil yang direbut kembali oleh Ukraina selama serangan balasan yang dimulai pada awal Juni melawan pasukan Rusia yang menguasai bagian selatan dan timur Ukraina.

"Pembela kami sekarang terus membersihkan pemukiman," kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, yang menyatakan Staromaiorske telah dibebaskan.

Oleksandr Kovalenko, seorang analis militer Ukraina, mengatakan pasukan Ukraina sekarang perlu mencapai desa lain, Staromlynivka, yang jaraknya kurang dari lima kilometer.

“Ini benar-benar berfungsi sebagai benteng penjajah Rusia, puncak garis pertahanan kedua di lokasi ini,” katanya dalam wawancara dengan outlet media RBC UA.

“Oleh karena itu, prosesnya sepenuhnya logis: pertama, ambil Staromayorske, stabilkan sayap, dan maju ke baris kedua, di mana kelompok penyerang utama akan dikerahkan untuk menerobos,” katanya.

Pasukan Rusia sangat bercokol di selatan yang penting secara strategis di mana mereka telah menyiapkan jaringan parit, ladang ranjau, parit anti-tank, dan barisan barikade "gigi naga" yang luas.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan pada hari Kamis bahwa serangan Ukraina di selatan telah meningkat.

Zelenskyy telah mengakui kemajuan dalam serangan balik lebih lambat dari yang diinginkan, tetapi tadi malam disebut-sebut "hasil yang sangat bagus" dari depan, tanpa memberikan rincian. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home