Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:24 WIB | Jumat, 17 November 2017

Acara Akhir Pekan 18 – 19 November 2017

Ilustrasi. . Sanggar Baim meraih predikat Kostum terbaik dalam kegiatan Indonesia Menari 2016 .(Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di pertengahan November ini akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain festival jajanan dan kuliner,  festival budaya,  pertunjukkan tari, drama musikal dan tarian, festival costplay, dan pertunjukkan teater  

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 18 November

Mall Bellanova Sentul, Jl. MH. Thamrin No.8, Sentul Selatan, Jawa Barat, Festival Kuliner Jengkol

Acara  berlangsung pada Jumat(17/11) – Minggu (19/11)

Di acara ini bakal ada berbagai varian menu jengkol yang kekinian kayak steak jengkol, burger jengkol, krupuk jengkol, pasta jengkol, somay jengkol, batagor jengkol, dll pokoknya semua menu terbuat dari bahan dasar jengkol. Seru kan Dijamin nafsu makan kalian terhadap si jengki akan terpuaskan.

Ikutin juga kuis dan game seru dengan hadiah menarik pada saat acara. Ada lomba Makan Jengkol, dan Jengkol Challenge buat si Jengkol Haters, dan masih banyak lagi kejutan-kejutannya. Don’t miss it! Buat kamu pecinta jengkol, Wajib datang !!

Info dan kontak: Telp: 021-87923888, Facebook: Bellanova Lippo Malls, Twitter & Instagram: @bellanova_mall

Pantai Carnaval Ancol, Jakarta, Pameran Motor Kawasaki Bike Week 2017

Tahun ini Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengusung tema Lead, don’t follow!  untuk event KBW 2017. Tema ini terinspirasi dari kondisi Kawasaki yang menjadi pioneer dalam menghadirkan beberapa kelas motor sport bike di Indonesia..

Beberapa acara menarik telah disiapkan untuk memanjakan para pengguna Kawasaki untuk menyalurkan hobby atau sekedar menikmati acara diantaranya adalah: Bike Play Ground, Dirt Circuit, MotoContest, Photo Competition, Test Ride, Special Performance yang akan menampilkan Saykoji, DJ Tiara Eve, Patricia Schultz dan DJ International Paul Van Dyk sebagai special performance.

Telah disiapkan door prize menarik berupa apparel Kawasaki dan Grand Prize sepeda motor Kawasaki.

Cara Mendapatkan Tiket Invitation: Anda yang memiliki motor Kawasaki dan ingin hadir pada acara ini bisa mendapatkan tiket di dealer resmi Kawasaki di seluruh Indonesia. Jika Anda ingin datang bersama-sama dengan anggota komunitas Anda KMI telah menyediakan tiket invitation, untuk informasi tiket dapat menghubungi WA. 081387820582.

Harga tiket masuk: Rp.100.000

Info dan kontak: Whatsapp: 081387820582, Facebook: Kawasaki Motor Indonesia, Website: kawasaki-motor.co.id

Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta, Pukul. 08.00-23.00, Festival Budaya Anak Bangsa IX Cindelaras

Acara berlangsung pada Sabtu (18/11) – Senin (20/11)

Konten acara: Pertunjukan tari dan music teater, lomba melukis, workshop , petualangan budaya dan bazaar.  

Cerita Panji asal Jawa Timur masuk dalam dalam warisan UNESCO sebagai Memory of the World atau MOW. Cerita ini berlatar zaman Kediri (1104-1222). Cerita Panji sendiri juga mengalami anakronisme, yakni mencampurkan latar belakang Singasari (1222-1293). Sulit untuk memaparkan cerita Panji, karena banyaknya versi yang terus ditulis tiap zamannya maupun satu wilayah ke wilayah lain. Belakangan diketahui terdapat delapan versi tentang cerita Panji.

Kisah Petualangan Cindelaras, anak yang dibesarkan Ibundanya ditengah hutan. Ia tumbuh menjadi pemberani dan penyayang, sehingga bersahabat dengan penghuni hutan. Salah satunya, seekor Ayam Jago yang tak terkalahkan.

Ketika tahu Ibu dan Ayahnya adalah Permaisuri dan Raja, yang terpisah karena fitnah Selir Geliga, Cindelaras mencari Ayahnya. Jiwa besarnya yang pemaaf berhasil mempersatukan kembali keluarga.

Dimeriahkan oleh : Duta seni Malaysia & Singapura, Dedek Wahyudi (seniman music), Sanggar Swargaloka, Studio Ayu Bulan, Tater Getapri, Sanggar Indopro, Sangar tari Bulungan, Sanggar Duta Seni Krakatau Steel, Institut Francais de Jakarta, SDN 05 Mexico, Ponpes Sahid Bogor, SD Muhammadiyah 05 Tebet, Sanggar Tebet Timur.

Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta, Pukul 16.00 – 23.00, Drama Musikal Suara Hati The Resonanz Music Studio

Acara berlangsung pada Jumat (18/11) – Minggu (19/11)

Drama musikal ini dibuat khusus dalam rangka 10 tahun The Resonanz Children’s Choir, menampilkan suara emas dari anak-anak berbakat The Resonanz Children’s Choir (TRCC), salah satu paduan suara anak terbaik di Indonesia yang telah meraih berbagai penghargaan tingkat International di Asia, Amerika dan Eropa, antara lain: Pada 2012 TRCC berhasil memenangkan gelar “Champion” untuk kategori paduan suara anak dalam Bali International Choir Festival. Di kompetisi 10th  Cantemus International Choir Festival yang diselenggarakan di Nyiregyhaza, Hungaria, pada tanggal 16-21 Agustus 2014, TRCC tampil memukau, terbukti dengan hasil yang diperoleh: Golden Award atas nilai tertinggi, Interpretasi Terbaik atas komposisi Zoltan Kodaly, Audience Award atas pilihan penonton. TRCC meraih predikat Juara Umum dan Grand Prize. Di tahun 2015 TRCC berhasil memenangkan sejumlah kategori dalam kompetisi paduan suara The Golden Gate International Choral Festival yang diselenggarakan di Berkeley, California, Amerika Serikat pada tanggal 12-18 Juli 2015.  Tahun 2016, TRCC berhasil meraih Juara I kategori Children's and Youth Choir dan memperoleh Gold Diploma Level II serta menjadi Juara Umum "Grand-Prix Winner" dalam kompetisi paduan suara Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition.

Di Tahun 2017, TRCC berhasil meraih Juara I dengan nilai 26.94 (Gold Diploma – Level VII) kategori Children’s Choir dan Juara I kategori Gospel and Spiritualsdengan nilai 27.7 (Gold Diploma – Level VII) serta menjadi Juara Umum “Grand Prize” dalam kompetisi paduan suara internasional Musica Eterna Roma International Choir Festival & Competition 2017, di Roma – Italia. Pada kompetisi Tolosa Choral Contest 2017 di Tolosa, Spanyol tanggal 2-5 November 2017, TRCC berhasil menjadi Juara 1 kategori Children Choir. Dengan kemenangan tersebut, The Resonanz Children's Choir berhak untuk maju ke pertandingan European Grand Prix in Choral Singing pada tanggal 21 April 2018 di kota Maribor, Slovenia.

Lagu-lagu dalam drama musikal ini dibuat oleh komposer muda, Elwin Hendrijantodan diiringi oleh salah satu orkestra terbaik di Indonesia, Jakarta Concert Orchestra dengan konduktor Avip Priatna.

Minggu, 19 November

Jakarta (Grand Indonesia), Solo (Mall The Park) dan Bandung (Mall 23 Paskal), Pukul 13:00, Pertunjukkan Tari  Indonesia Menari 2017

Indonesia Menari merupakan sebuah gerakan menari bersama untuk mendekatkan kembali masyarakat Jakarta dengan tari tradisional nusantara dengan cara mengemas tari-tarian Indonesia dalam konsep yang modern dan menyenangkan terutama untuk anak-anak muda, diadakan tiap minggu ke-tiga di bulan November.

Ada hadiah ratusan juta untuk para pemenang!

Daftarkan diri kamu atau kelompok kamu di www.indonesiakaya.com HOTLINE (Pukul : 10.00 - 19.00 WIB): 0813 2467 3338 (Jakarta), 0813 2467 3339 (Solo), 0813 2467 3335 (Bandung)

Pasar MOI, LG Floor, Mall of Indonesia, Jakarta, Festival Jajanan Nusantara – Mall of Indonesia

Acara berlangsung pada Rabu (15/11) – Kamis (14/12)

Nikmati berbagai makanan khas Nusantara, antara lain:  Nasi Cakalang, Bakso Beranak Mpo Rame, Seblak Susu Mpo Rame, Bola Ubi Kopong, Ketoprak Mang Edi, Kerak Telor, Ketan Durian, Pempek, Bubur Kudus, Tahu Gejrot, Rujak Juhi, Hejohejo, Aneka Gorengan, Makarena, Es Oyen Kepu, Sate Padang, Rujak Bebeuk, Cilok, Pisang Goreng Pontianak, Nasi Bakar, dan masih banyak lagi

Info dan kontak: Facebook: mall of Indonesia, Twitter/Instagram: @mallofindonesia, Website: mallofindonesia.com

Ground Floor – Fashion, Mall Kota Kasablanka,  Indonesia Jaya Expo 2017

Acara berlangsung pada Jumat (17/11) – Minggu (19/11)

Menampilkan aksi dari Band RAN, Bravo, Kolone Senapan, Taruna Akademi Angkatan Udara, Jupiter Aerobatik Team (JAT), film animasi Serangan Kadet 47, Stand Up Comedy Comics VS TNI AU. Talk show oleh JAT, Airmin Twitter, Saya Perempuan Anti Korupsi, BNN.

Ajak teman-teman dan keluarga untuk ikut memeriahkan Indonesia Jaya Expo yang dipersembahkan oleh TNI AU dan PIA Ardhya Garini.

Info dan kontak:  Facebook: TNI Angkatan Udara, Twitter: @_TNIAU, Instagram: @militer.udara, Website: tni-au.mil.id

Lippo Mall Puri Atrium 2, Fans Cosplay Gathering Jakarta,  Join the League

Acara berlangsung pada Jumat (10/11) – Minggu (3/12)

Datang dan lihatlah, Fans cosplay gathering dan kompetisi dress code Cosplay, Jangan lewatkan,

Life-Size Figures on Display, Batman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman, Cyborg, Superman, DC Fans Cosplay Gathering

Bertemu dengan berbagai karakter cosplay favorit Anda

Info dan kontak: Telp: 021-29111111, Email: cs.lippomallpuri@lippomalls.com, Website: lippomallpuri.com

Saung Angklung Udjo, Jl. Padasuka 118 Bandung Jawa Barat, Event Charity Bike to Cook 2 Bandung

Bersepeda – Memasak – Berdonasi

Fun bike charity event yang didonasikan untuk membangun saung baca di Kampung Cijaringo.

Tempat: Biaya pendaftaran: Rp 60,000,- / orang. Jumlah peserta dalam tim 3 – 5 orang.

Kegiatan : Peserta dalam tim yang berjumlah 3 – 5 orang akan bersepeda dari Saung Angklung Udjo menuju Kebon Awi Cijaringo. Setibanya di Kebon Awi, peserta akan berburu bahan makanan di pos pos yang telah ditentukan, kemudian melakukan kegiatan memasak menggunakan alat masak tradisional.

Door Prize. No Competition, just for fun.

Seremonial penyerahan buku oleh peserta, dan peletakan batu pertama saung baca.

Info dan kontak: Dwi 0812 234 1021, Registrasi: https://biketocook.com/registrasi/

JCC (Jakarta Convention Center), Pameran The 14th INDOCRAFT

Acara berlangsung pada Rabu (15/11) – Minggu (19/11)

Indocraft adalah ajang perdagangan internasional terkemuka untuk industri kerajinan tangan dan kerajinan tangan di Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Debindomulti Adhiswasti dengan didukung oleh Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) yang mempromosikan pengrajin untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi industri kerajinan tangan.

Senayan City, Jakarta,  Jakarta Culinary Festival 2017

Acara berlangsung pada Kamis (16/11) – Minggu (19/11)

 Salam untuk semua foodies! Memulai perjalanan pesta kuliner selama 4 hari yang spektakuler di Jakarta Culinary Festival.

Jakarta Culinary Feastival menjadi festival kuliner sepanjang empat hari yang akan memenuhi semua impian foodies. Bisa berpartisipasi dalam pertunjukan memasak langsung yang menampilkan koki selebriti internasional, atau mendaftar ke berbagai lokakarya dan kelas memasak, untuk mempertajam keahlian Anda, kami memiliki semua yang Anda butuhkan dan banyak lagi.

Menampilkan 47 restoran terbaik di kawasan ini, merek kopi dan  pencuci mulut, 11 bintang kuliner internasional, 27 bintang kuliner Indonesia, 20 restoran makanan terbaik, 10 gerai pasar, dan 113 aktivitas yang dapat Anda ikuti.

Masuk ke Jakarta Culinary Festival adalah gratis. Bawa semua anggota keluarga dan teman Anda ke Jakarta Culinary Festival untuk sebuah pesta! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi jakartaculinaryfeastival.com

Info dan kontak: Facebook: Jakarta Culinary Feastival, Instagram: @jakartaculinaryfeastival, Website: jakartaculinaryfeastival.com

Blok M Plaza, 6th floor, Jakarta, Pets In The City – Plaza Blok M

Acara berlangsung  pada Jumat (10/11) – Minggu (19/11)

Tempat: Harga tiket masuk untuk weekdays: Rp.30.000, weekends: Rp.40.000

Bagi kamu pecinta hewan mulai dari Reptil, burung, kelinci, kucing, Sugar Glider dan Landak Mini, yuk langsung kunjungi Pets In The City di Plaza Blok M Lantai 6.

Event content: Bunny Garden & Cats Garden, Pets Food & Accessories, Cats & Small Breed Dogs Contest

Info dan kontak: Facebook: Plaza Blok M, Twitter & Instagram: @plaza_blokm Website: plazablokm.com

Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta,  Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2017

Acara berlangsung pada Jumat (17/11) – Minggu (19/11)

Volkswagen Club Yogyakarta akan menggelar Jogjakarta Volkswagen Festival ke-3 adalah sebuah acara yang dijadwalkan setiap dua tahun.

JVWF di Yogyakarta adalah acara dari VW di Indonesia, Asia Tenggara, diakui dan setara dengan peristiwa lain seperti VW Internasional di Jerman Bad Camberg, Volksworld Show di Inggris, Bug Eropa Di Belgia dan Bug O Rama di Amerika Serikat.

Acara JVWF ditunggu oleh masyarakat nasional dan internasional, terutama para penggemar dan komunitas Volkswagen. JVWF 2017 akan mengundang, perwakilan dari Jerman Volkswagen DAS AUTO (Markas Volkswagen di Jerman) dan berpartisipasi dalam acara JVWF 2017 dimana di JVWF 2015 hanya mengirim perwakilan sebagai pengamat.

Konten acara: Show & Shine, VW Displayed, Swap Meet, Tech Talk, Volks Art Exhibition, VW Booth Clubs, VW Workshop Fest, Food Truck Fest, Die Cast Fest, Playground, Social Activity, Live Entertainment, Lucky Draw.

Informasi seputar acara dan pendaftaran lomba atau tenant dapat dilihat di jogjavwfestival.com

Info dan kontak: Email: info@jogjavwfestival.com, Facebook: Jogjakarta Volkswagen Festival, Twitter: @vwclubjogja, Instagram: @jogjavwfestival, Website: jogjavwfestival.com

The Square Ballroom, ICBC Center, Jl. Basuki Rahmat No.16-18, Surabaya, Pukul. 10:00-20.00 WIB,  STARNIFEST (Starlight Nippon Festival) 2017

Harga tiket masuk: Regular: Rp35.000, VIP: Rp200.000

STARNIFEST ada untuk memberikan wadah bagi semua pecinta dan penikmat Jepang dari semua kalangan. Sehingga mereka bisa menikmati berbaga suguhan dari Jepang dengan sangat lengkap, mencakup pendidikan, budaya modern dan tradisional Jepang, Games tradisional dan juga modern, Pop-culture, beauty, & lain sebagainya. yang kami suguhkan dalam bentuk Edutainment (Education & Entertainment) melalui STARNIFEST 2017.

STARNIFEST terdapat banyak informasi mengenai Jepang dalam berbagai bidang, pameran Artwork, komunitas kreatif ,berbagai talkshow dan workshop tentang Art, Ilustrasi, Komik, Japanese Beauty, talkshow dengan para tokoh yang sukses dalam berbagai bidang, serta dimeriahkan juga dengan penampilan dari para talent, sesuai dengan bidangnya masing-masing, yang akan semakin melengkapi berbagai macam kompetisi yang diadakan STARNIFEST.

STARNIFEST ada untuk semua kalangan, bukan hanya untuk orang muda saja, namun untuk semua pecinta dan penikmat Jepang. Bukan hanya untuk penggemar Komik, Cosplay, J-Music, J-Beauty, atau jenis Pop-culture lainnya, tapi juga untuk mereka yang menyukai budaya tradisional Jepang, untuk mereka yang fokus mencari pendidikan & informasi yang tepat mengenai Jepang.

Daftar acara: J-Games, J-Music, J-Beauty, J-Fashion Style, J-Traditional Culture, Face Painting & SFX, Photo Haiku, Art & Illustration, Cosplay

Kompetisi: J-Song Competition, Coswalk Competition, Cosplay Competition, Fan Art Competition, J-Beauty Photo Competition

Info dan kontak: Telp: 0819-3804-1172, Facebook: Starnifest

Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta, Pukul. 13:30 - 23:00,  Pertunjukkan Teater Sie Jin Kwie Melawan Siluman Barat oleh Teater Koma

Jenderal wanita Hwan Lie Hoa, diangkat Raja Li Ti menjadi Panglima Perang Pasukan Tang untuk mengalahkan Jenderal Souw Po Tong dan menaklukkan Tartar Barat. Beberapa jendral luar biasa membantunya. Ada sang suami, Sie Teng San. Cin Han yang bisa terbang dan mampu menyusup ke dalam bumi. Touw It Houw yang mampu melarikan diri ke dalam tanah.

Ada pula empat jendral wanita, Touw Siang Tong, Tiauw Giat Go, Sie Kim Lian dan Tan Kim Teng. Yang dilawan oleh Hwan Lie Hoa dan pasukannya adalah siluman-siluman. Para Dewa Jahat juga ikut membantu Tartar Barat. Tapi Para Dewa Baik membantu Pasukan Tang. Dua kekuatan itu akhirnya berperang, baik di angkasa maupun di darat. Apakah Tartar Barat bisa ditaklukan?

Sie Jin Kwie, Melawan Siluman Barat, adalah lakon yang mustahil. Dan itu terjadi ratusan tahun yang lalu. Mungkin, yang sekarang kita lawan adalah siluman juga. Apa betul yang kita lawan sekarang ini adalah siluman? Benarkah mereka siluman?

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home