Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 18:12 WIB | Rabu, 02 April 2014

Agama dan Tradisi Pengaruhi Penyebaran HIV

Ayoko Bahun-Wilson (kiri) dan Sophie Chirongoma menulis artikel ini untuk oikoumene.org

ARUSHA, SATUHARAPAN.COM – Agama dan tradisi di Afrika terus memengaruhi cara HIV menyebar, terutama di kalangan wanita muda. Ada kebutuhan besar untuk memahami isu-isu ini dari perspektif agama, sehingga para pemimpin gereja dapat terlibat dalam dialog konstruktif untuk membantu dan mendukung perempuan yang terancam oleh pandemi AIDS.

Baru-baru ini Lembaga Pelatihan Internasional (ITI) tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi Hak dan HIV, yang diselenggarakan 16-22 Maret di Arusha, Tanzania, menjelaskan masalah ini. Pelatihan ini diselenggarakan oleh World Young Women Christian Association (YWCA) , dengan partisipasi aktif dari Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC).

Mengatasi HIV dan betapa itu memengaruhi perempuan dalam masyarakat merupakan respons esensi dari beberapa pernyataan dari gereja-gereja pada HIV, karya WCC melalui proyek Initiative Ekumenis HIV dan AIDS di Afrika, serta komitmen World YWCA untuk hak-hak perempuan yang diprioritaskan HIV dan AIDS di antara isu-isu lain sejak tahun 1987.

Laporan oleh gereja dan organisasi ekumenis telah menjelaskan faktor-faktor utama yang memicu pandemi HIV, khususnya di kalangan perempuan muda. Faktor-faktor ini termasuk stigma, diskriminasi, kurangnya informasi dan akses ke layanan kesehatan reproduksi dan seksual (SRS) serta pengobatan HIV.

Agama dan Tradisi

Salah satu aspek dari situasi yang tercermin dalam diskusi pada pelatihan Dunia YWCA di Arusha adalah pengaruh keyakinan agama dan tradisi.

Ada dua kepercayaan. Di dalamnya, termasuk “hidup yang memberi” dan “tradisi penghambat-hidup”. Dalam beberapa situasi, tradisi membatasi akses perempuan dan anak perempuan ke layanan SRS dan berkompromi. Hal ini pada akhirnya menghadapkan mereka untuk risiko infeksi HIV.

Diam atas nama tradisi sering dipertahankan pada hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas. Ada kebutuhan mendesak untuk mempertanyakan tradisi tersebut.

Pada masa pandemi HIV dan AIDS, penting untuk mempertimbangkan kembali definisi tradisional keluarga, terdiri dari pria, wanita dan anak-anak. Dalam rangka untuk merespons rumah tangga yang dikepalai oleh nenek, orang tua tunggal, atau bahkan anak-anak sendiri, sangat penting untuk mempertimbangkan bahwa HIV dalam banyak hal telah berdampak dan mengubah pengaturan sosial-keagamaan kita.

Dialog Pemuka Agama

Diskusi dalam pelatihan di Arusha menunjukkan bahwa dialog dan advokasi sangat dibutuhkan untuk melibatkan para pemimpin agama dalam merumuskan tanggapan yang efektif terhadap HIV dan AIDS. Hal ini sangat penting, karena kebanyakan pemimpin agama tidak memiliki keterampilan yang diperlukan dan alat untuk mengatasi krisis utama yang berhubungan dengan pandemi HIV.

Para pemimpin agama harus membuat “ruang aman” tempat anak-anak pengidap  HIV bisa didukung. Ruang tersebut difasilitasi oleh para pemimpin agama dapat membantu anak-anak pengidap HIV untuk memahami kemungkinan nyata menjadi remaja yang hidup dengan virus, dan dapat membawa perubahan positif dalam pesan pencegahan.

Gereja untuk Mendengarkan

Karena menurut  keyakinan Kristen bahwa semua orang diciptakan menurut gambar Allah, gereja-gereja yang menangani ancaman HIV dan AIDS perlu mendengarkan dengan cinta terhadap para minoritas seksual. Perhatian khusus harus diberikan kepada biseksual, yang karena stigma dan diskriminasi sering dipaksa untuk menikah. Akibatnya, mereka akhirnya menempatkan pasangan mereka pada risiko infeksi HIV.

Pemahaman gereja bervariasi dalam bagaimana menangani masalah-masalah terkait HIV. Ada beberapa gereja yang perlu menolak pola pikir yang berlaku yang menyatakan HIV kutukan dan hukuman dari Tuhan. Pola pikir seperti itu akhirnya menolak orang yang hidup dengan HIV, termasuk perempuan dan anak perempuan, hak-hak dasar mereka untuk hidup, pendidikan dan pelayanan SRS. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home