Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:55 WIB | Kamis, 27 Februari 2020

AS Masukan Pimpinan Kata'ib Hizbullah Irak dalam Daftar Teroris Global

Milisi Kata'ib Hizbullah Irak berbaris pada pemakaman pimpinan mereka, Abu Mahdi al-Muhandis, bulan lalu. (Foto: dok. Reutes).

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat memasukkan seorang anggota senior milisi Kata'ib Hizbullah (KH) Irak yang didukung Iran dalam daftar teroris. Milisi ini terlibat  serangan yang membunuh seorang kontraktor AS di sebuah pangkalan militer Irak di dekat kota Kirkuk.

Departemen Luar Negeri AS hari Rabu (26/2) mengatakan telah menunjuk Ahmad al-Hamidawi, sebagai Teroris Global (Specially Designated Global Terrorist / SDGT). Dia adalah Sekretaris Jenderal KH yang oleh AS disebut sebagai kelompok teroris yang didukung Iran yang aktif di Irak dan Suriah pada tahun 2009.

"Kelompok Kata’ib Hizbullah terus mengancam pasukan AS di Irak," kata Nathan Sales, koordinator kontraterorisme Departemen Luar Negeri pada konferensi pers. "Kami menambah tekanan pada grup ini selama satu dekade."

Washington menyalahkan kelompok paramiliter yang didukung Iran ini, karena semakin sering menembakkan roket dan menembaki pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS di Irak dan daerah di sekitar Kedutaan Besar AS di Baghdad.

Sebuah serangan pada bulan lalu menghantam kompleks Kedutaan Besar AS itu sendiri, dan serangan roket di pangkalan militer di wilayah utara pada bulan Desember menewaskan seorang kontraktor sipil AS.

Serangan ini memicu serangkaian peristiwa yang mengakibatkan Amerika Serikat membunuh komandan tinggi Iran, Qassem Soleimani, dan kepala paramiliter Irak, Abu Mahdi al-Muhandis dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad bulan lalu.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home