Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:30 WIB | Senin, 28 Juli 2014

Australia Geser Inggris Klasemen Olahraga Persemakmuran

Australia Geser Inggris Klasemen Olahraga Persemakmuran
Pelari putra Australia, Michael Shelley. (Foto-foto: bbc.co.uk).
Australia Geser Inggris Klasemen Olahraga Persemakmuran
Petembak putri Inggris, Charlotte Kerwood.
Australia Geser Inggris Klasemen Olahraga Persemakmuran
Klasemen sementara perolehan medali Commonwealth Games 2014.

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM – Australia menggeser perolehan medali Inggris pada ajang multi olahraga negara-negara persemakmuran (koloni Britania Raya) ke-20 atau yang biasa disebut Commonwealth Games. Sebagaimana tercantum di BBC pada Minggu (27/7) menuliskan Australia berada pada posisi teratas dengan memperoleh 19 medali emas, 14 medali perak, dan 21 perunggu dengan total 54 medali sementara di peringkat kedua Inggris dengan 18 emas, 14 perak, dan 15 perunggu.

Medali emas yang menaikkan perolehan medali negeri kanguru ini diraih dari cabang olahraga lari maraton yang dipersembahkan oleh pelari putra, Michael Shelley. 

Padahal sehari sebelumnya, Inggris masih unggul pada klasemen perolehan medali dengan 12 medali emas, 11 medali perak, dan sembilan perunggu. Salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan Inggris yakni, judo menyumbang enam medali emas bagi Inggris, sementara cabang olahraga lainnya yakni renang, bersepeda dan triathlon menyumbang dua medali emas. Pada peringkat kedua Australia meraih 11 medali emas, sembilan perak, dan 12 perunggu.

Kemenangan Shelley

Michael Shelley (30) memenangkan medali emas unggul 43 detik atas pelari Kenya, Stephen Chemlany. Total waktu yang dibukukan Shelley adalah  dua jam 11 menit 15 detik dan menempuh 5 kilometer.

Pada peringkat ketiga diduduki Philip Kiplimo asal Uganda, sementara pelari Inggris Steve Way berada peringkat kesepuluh.  “Sekarang aku memiliki sedikit lebih banyak pengalaman, untuk menatap masa depan dengan kemenangan yang tak terlukiskan,” kata Shelley.

Chemlany mencatat waktu 2 menit 11,58 detik, selanjutnya Kiplimo menorehkan catatan waktu 2 menit 12,23 detik. “Aku mengatakan kepada diriku sendiri sembari berharap terus mengulangi sukses,” lanjut peraih medali perak pada Commonwealth Games 2010 yang kala itu diselenggarakan di New Delhi, India.

"Tugasku di sini hanyalah menjalankan yang terbaik bagi Australia,” tutup Shelley.

Sementara itu pada nomor maraton putri medali emas diraih pelari Kenya, Flomena Cheyech Daniel.  Rekan senegaranya, Caroline Kilel meraih medali perak, diikuti Jess Tengrove asal Australia yang memenangkan medali perunggu.

Dari cabang olahraga menembak, Inggris menambah medali emas melalui Charlotte Kerwood, pada peringkat kedua diikuti rekan senegaranya Rachel Parish yang berhak atas medali perak.

Tuan rumah Skotlandia hingga hari keempat penyelenggaraan pesta multi olahraga negara-negara yang merupakan jajahan Britania Raya ini belum dapat berbicara banyak karena berada peringkat ketiga dengan 11 medali emas, 6 medali perak, dan 8 medali perunggu. Cabang olahraga judo menjadi andalan tuan rumah yang berhasil menyumbangkan 6 medali emas.

Pesta Olahraga Persemakmuran (Commonwealth Games) diadakan setiap empat tahun sekali, melibatkan atlet-atlet terbaik dari negara-negara yang pernah menjadi koloni Britania Raya.

Atlet yang ikut terlibat dalam ajang ini  tergabung dalam Commonwealth Games Federation (CGF) yakni organisasi yang bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengendalikan ajang ini.

Pertama kali, ajang ini dikenal dengan British Games, diadakan pada 1930 di Hamilton, Ontario, Kanada. Perubahan nama menjadi Commonwealth Games pada 1978.

Selain cabang yang biasa diadakan di Olimpiade, ajang ini juga mempertandingkan beberapa cabang olahraga yang banyak diminati di negara-negara persemakmuran, seperti lawn bowl, rugby seven, dan netball. (bbc.co.uk/wikipedia.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home