Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:13 WIB | Sabtu, 26 Juli 2014

Inggris Pimpin Klasemen Medali Olahraga Persemakmuran

Tim balap sepeda Inggris yang terjun di Commonwealth Games 2014. (Foto: sportsister.com).

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM -  Inggris memimpin perolehan medali ajang multi olahraga negara-negara persemakmuran (commonwealth games) 2014 yang diselenggarakan di Glasgow, Skotlandia mulai Jumat (25/7) hingga Jumat (8/8) mendatang.

Pada tabel klasemen yang dirilis BBC, dengan mengacu kepada situs resmi glasgow2014.com Inggris memperoleh 12 medali emas, 11 medali perak, dan sembilan perunggu.

Salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan, judo menyumbang enam medali emas bagi Inggris, sementara cabang olah raga lainnya yakni renang, bersepeda dan triathlon menyumbang dua medali emas.

Pada peringkat kedua Australia meraih 11 medali emas, sembilan perak, dan 12 perunggu.

Sumbangan emas terbesar bagi negeri kangguru sebagian besar dari renang yang menghasilkan tujuh medali emas, lima perak, dan enam perunggu.

Pada penyelenggaraan pesta Olahraga Persemakmuran ke-19 lalu, pada 2012, Australia tampil sebagai juara umum dengan 177 medali, dengan rincian kemenangan meraih 74 medali emas, 55 perak, dan 48 perunggu.

Pesta Olahraga Persemakmuran atau dalam bahasa Inggrisnya Commonwealth Games diadakan setiap empat tahun sekali, melibatkan atlet-atlet terbaik dari negara-negara yang menjadi jajahan Britania Raya. Atlet yang ikut terlibat dalam ajang ini  tergabung dalam Commonwealth Games Federation (CGF) yakni organisasi yang bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengendalikan ajang ini.

Pertama kali, ajang ini dikenal dengan British Games, diadakan pada 1930 di Hamilton, Ontario, Kanada. Perubahan nama menjadi Commonwealth Games pada tahun 1978.

Selain cabang yang biasa diadakan di Olimpiade, ajang ini juga mempertandingakn beberapa cabang olahraga yang banyak diminati di negara-negara persemakmuran, seperti lawn bowl, rugby seven, dan netball.

Sekitar 4.500 atlet dari 71 negara akan bersaing dalam 17 cabang olahraga.  

Mengheningkan Cipta Solidaritas bagi Korban MH17

Pada pembukaan Commonwealth Games yang berlangsung Rabu (23/7) lalu, Ratu Elizabeth meminta para hadirin untuk bersatu dalam masa-masa sulit dengan mengheningkan cipta selama satu menit guna mengenang dan mendoakan 298 korban MH17 yang tewas. (Wikipedia.org/bbc.co.uk/dailymail.co.uk).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home