Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 21:57 WIB | Sabtu, 26 Juli 2014

Perenang Australia Pecahkan Rekor pada Olahraga Persemakmuran

Maddison Elliott, perenang Australia. (Foto: glasgow2014.com).

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM – Perenang putri Australia, Maddison Elliott memecahkan rekor pada 100 meter gaya bebas di ajang multi olahraga negara-negara jajahan Britania Raya ke-20, Commonwealth Games, pada lomba yang dihelat Jumat (25/7) di Glasgow, Skotlandia.

Maddison Elliott pada lintasan delapan mencatatkan waktu  1 menit 5,32 detik. Walau ini merupakan lomba untuk perenang normal, akan tetapi Elliott terkategorikan atlet paralimpiade karena pada usia empat tahun, Elliott didiagnosis dengan sisi kanan cerebral palsy sebagai akibat dari stroke kelahiran prematur. 

Elliott memecahkan perenang atas nama Jessica Long asal Amerika Serikat yang mencatat raihan waktu 1 menit 5,63 detik pada Paralimpiade London 2012.

Elliott juga pernah menggenggam prestasi lainnya pada Paralimpiade London 2012, karena pada usia 13, gadis kelahiran New South Wales, Australia ini  menjadi perenang paralimpiade termuda peraih medali emas asal Australia. 

Pada penyelenggaraan pesta Olahraga Persemakmuran ke-19 lalu, pada 2012, Australia tampil sebagai juara umum dengan 177 medali, dengan rincian kemenangan meraih 74 medali emas, 55 perak, dan 48 perunggu.

Pesta Olahraga Persemakmuran atau dalam bahasa Inggrisnya Commonwealth Games diadakan setiap empat tahun sekali, melibatkan atlet-atlet terbaik dari negara-negara yang menjadi jajahan Britania Raya. Atlet yang ikut terlibat dalam ajang ini  tergabung dalam Commonwealth Games Federation (CGF) yakni organisasi yang bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengendalikan ajang ini.

Pertama kali, ajang ini dikenal dengan British Games, diadakan pada 1930 di Hamilton, Ontario, Kanada. Perubahan nama menjadi Commonwealth Games pada  1978.

Tidak hanya itu, di ajang Olimpiade bagi atlet normal yang dilangsungkan di London pada tahun yang sama  dia juga memenangkan perunggu di  nomor 400 meter dan 100 meter gaya bebas putri.  

"Saya sangat senang karena benar-benar mendapat rekor dunia. Untuk melakukan itu, saya tidak bisa percaya,” kata Elliott.

Kegembiraan Elliot semakin bertambah karena rekannya, Lakeisha Patterson memenangkan medali perunggu bagi Australia, sementara medali perak diraih perenang Inggris, Stephanie Slater. (independent.co.uk/wikipedia.org/bbc.co.uk).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home