Loading...
FOTO
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:32 WIB | Minggu, 29 Juni 2014

Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan

Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Seorang warga mengayuh sepeda saat pelaksanaan Car Free Day di Kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (29/6). Pada awal Ramadan, pelaksanaan car free day terlihat sepi dari aktivitas warga serta lalu lintas disejumlah protokol ibu kota lengang. (Foto-foto: Antara)
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Sejumlah elemen mahasiswa muslim melakukan aksi damai menyambut Ramadhan di Bundaran Gladak, Solo, Jateng, Jumat (27/6). Mereka mengingatkan pentingnya berbagai amalan di bulan puasa dan membagikan jadwal imsak (batas waktu sahur) kepada pengguna jalan.
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Ribuan umat Islam mensucikan diri (Balimau) di Sungai Batang Kuranji di Gunung Nago, Padang, Sumbar, Sabtu (28/6). Tradisi Balimau yang sejak dahulu dilakukan dan turun menurun bagi umat Islam di daerah itu biasanya dilaksanakan satu hari menjelang puasa.
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Pedagang menata dagangannya di salah satu petak pasar musiman di kawasan wisata religi Sis-Aljufri Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/6). Pasar musiman itu hadir setiap bulan puasa dengan menyediakan aneka kebutuhan selama Ramadhan, mulai dari penganan, pakaian, hingga alat kelengkapan beribadah.
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Warga bertadarus pada hari pertama bulan suci Ramadan 1435 Hijriah di Masjid Jamik Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Minggu (29/6). Pada bulan Ramadhan umat muslim memanfaatkan waktu memperbanyak ibadah dengan membaca Al-Quran (tadarus), dan melaksanakan salat sunah guna menambah amalan dan memohon ampunan dari Allah SWT.
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Seorang petugas memeriksa tumpukan uang kertas di bagian distribusi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah IV Jawa Timur, Surabaya, Jumat (27/6). BI Wilayah IV Jatim melalui empat kantor perwakilan (Surabaya, Malang, Kediri dan Jember) menyiapkan Rp16,2 triliun uang kartal yang siap diedarkan, guna memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat Jatim selama Ramadan dan Lebaran 1435 H.
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Sebuah alat berat digunakan untuk memusnahkan ribuan botol miras hasil sitaan di halaman Polres Indramayu, Jawa Barat, Rabu (25/6). Polres Indramayu memusnahkan ribuan botol miras berbagai merek, puluhan ribu liter tuak, alat ketangkasan dan knalpot bising dalam rangka menciptakan kondusivitas menjelang Ramadan.
Berbagai Kegiatan Menyambut Ramadan
Pegawai hotel menunjukkan aneka kreasi takjil kurma yang akan disajikan gratis selama Ramadan di salah satu hotel bintang lima di Kota Palembang, Sumsel, Jumat (27/6). Menyambut Ramadan, Hotel dan Restoran berlomba menyajikan menu takjil dan berbuka yang istimewa untuk menarik minat masyarakat.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Berbagai kalangan masyarakat Nusantara menyambut datangnya Ramadan 1435 Hijriah dengan berbagai kegiatan.

Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1435 Hijriah jatuh pada 29 Juni 2014 dan keputusan itu diambil setelah seluruh organisasi kemasyarakatan Islam mengikuti sidang isbat di gedung Kementerian Agama Jakarta, Jumat (27/6) petang.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pemerintah memberi kebebasan bagi umat Islam yang menjalani puasa lebih cepat dari ketetapan hasil sidang isbat.

Pemerintah memberi kebebasan atas perbedaan tersebut karena menurut dia, hal tersebut menyangkut wilayah keyakinan. Pemerintah telah berupaya memberi arahan kapan seharusnya puasa tersebut dapat dilaksanakan oleh umat Islam dengan baik.

"Pemerintah menetapkan awal Ramadan pada 29 Juni 2014, Ahad (Minggu)," kata Lukman Hakim di depan sejumlah media massa.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home