Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 20:13 WIB | Sabtu, 04 Januari 2014

Blackberry Gugat Produsen Keyboard karena Langgar Hak Paten

Casing keyboard Typo yang diklaim Blackberry. (Foto: dari allthingsd.com)

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM - Produsen Blackberry asal Kanada, Blackberry Ltd. pada Jumat (3/1) mengatakan, mereka telah melayangkan gugatan di pengadilan California terhadap perusahaan Los Angeles, Typo Products karena diduga melanggar hak paten atas sebuah keyboard yang mirip dengan buatan Blackberry dan yang dibuat untuk iPhone.

Produsen Blackberry itu mengatakan bahwa casing keyboard Typo seharga 99 dolar AS (sekitar Rp 1,19 juta) pada sebuah iPhone 5 tersebut secara fisik mirip dengan yang dimiliki Blackberry. “Jelas-jelas meniru keyboard BlackBerry,” kata kepala petugas legal Blackberry, Steve Zipperstein.

“Ini adalah pelanggaran yang jelas terhadap keyboard ikonis BlackBerry, dan kami akan melindungi properti intelektual kami dari semua perusahaan yang berusaha meniru desain kami yang unik,” kata Steve Zipperstein.

“Kami tersanjung dengan keinginan untuk memasang keyboard kami ke dalam smartphone lain, namun kami tidak akan menoleransi aktivitas semacam itu tanpa ada kompensasi yang adil karena menggunakan properti intelektual kami dan inovasi teknologi kami,” kata kepala petugas legal Blackberry itu.

Typo diciptakan oleh pengusaha media, Laurence Hallier dan bintang dunia hiburan, Ryan Seacres bersama dengan penemu-desainer, Ryan Hyde dan Jonathan Goodrich. (AFP/Ant).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home