Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 23:30 WIB | Minggu, 04 Januari 2015

Boko Haram Duduki Markas Militer Nigeria

Boko Haram Nigeria. (Foto: Dok. satuharapan.com/bbc.co.uk)

BAGA, SATUHARAPAN.COM - Kelompok militan Boko Haram telah menguasai sebuah kota dan markas militer multinasional penting di Nigeria timur laut, kata sejumlah pejabat dan saksi mata.

Seorang senator di negara bagian Borno mengatakan pasukan meninggalkan markas di kota Baga setelah diserang pada Sabtu (3/1) waktu setempat. 

Penduduk Baga yang melarikan diri dengan menggunakan perahu ke negara tetangga Chad mengatakan banyak orang dibunuh dan kota tersebut dibakar.

Baga, tempat terjadinya pembantaian militer Nigeria di  2013 adalah kota terakhir di daerah Borno Utara yang masih dikuasai pemerintah.

Di tempat tersebut terdapat markas Gugus Kerja Bersama Multinasional MNTJF yang terdiri atas pasukan Nigeria, Chad, dan Nigeria.

Pasukan dibentuk pada1998 untuk mengatasi kejahatan antarperbatasan di daerah Danau Chad. Pasukan ini sekarang tengah berusaha mengatasi serangan Boko Haram.

Kelompok militan tersebut menyerang sejumlah kota dan desa hampir setiap hari, menculik penduduk termasuk anak laki-laki dan perempuan. 

Militer, termasuk penasihat dan pengamat Barat mengatakan sepertinya mereka tidak mampu mengatasi masalah ini. (bbc.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home