Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 23:25 WIB | Minggu, 24 Mei 2015

Chelsea Tundukkan Sunderland 3-1

Didier Drogba (Chelsea, kaus biru) mempertahankan bola yang dia kendalikan dari Connor Wickham (Sunderland, kaus merah putih). (Foto: fifa.com).

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Chelsea mengalahkan Sunderland dengan skor 3-1 pada pertandingan terakhir Liga Inggris musim 2014-2015, di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (24/5) malam WIB.

Chelsea sudah memastikan juara kompetisi beberapa waktu lalu dan bertengger kokoh di posisi teratas dengan nilai 85 dari 38 pertandingan yang telah dimainkan, di sisi lain Sunderland aman dari hukuman degradasi karena berada di urutan ke-15 dengan memperoleh nilai 39 dari 38 partai yang telah dimainkan.

Penyerang usia veteran Chelsea, Didier Drogba nyaris membawa tim asuhan Jose Mourinho tersebut unggul di awal pertandingan, sayang sekali bola yang dia terima hasil umpan Juan Cuadrado masih melambung tinggi dari gawang Sunderland yang dijaga Vito Manonne.

Chelsea mengandalkan serangan dari Eden Hazard di lini tengah dan terkadang didukung Willian Borges yang sering menggiring bola mendekati kotak penalti Sunderland dan melepaskan bola dari luar kotak penalti. Sunderland di 15 menit awal pertandingan belum dapat melepaskan diri dari cengkeraman serangan Chelsea, karena setiap kali para gelandang Sunderland – Sebastian Larsson , Jack Rodwell, dan Steven Fletcher – menguasai bola selalu mentah di garis tengah lapangan.

Walau terus menerus ditekan Chelsea, Sunderland sempat meraih peluang emas menit ke-19 saat salah satu gelandangnya Sebastian Larsson  mencoba menendang bola dari luar kotak penalti, setelah menggiring bola melewati hadangan pemain Chelsea, Branislav Ivanovic, namun bola tendangan Larsson tepat di tangkapan penjaga gawang senior Chelsea, Peter Cech.

Eksekusi tendangan penjuru Sunderland yang dilakukan  Adam Johnson menit ke-25 membawa tim tamu dalam keunggulan. Sunderland yang dilatih Dick Advocaat ini mendapat gol setelah Steven Fletcher menyundul bola dari tendangan pojok Johnson.

Chelsea menyamakan kedudukan menit ke-36 lewat eksekusi penalti Diego Costa. Penalti didapat tim yang bermarkas di London ini setelah Cuadrado disenggol bek Sunderland, John O’Shea hingga terjatuh.

Chelsea nyaris unggul di enam menit setelah babak kedua berjalan, bola hasil umpan gelandang Chelsea Loic Remy tepat arahnya ke Diego Costa, namun penyerang Chelsea asal Spanyol ini memberikan kembali ke Remy yang berdiri lebih bebas tanpa pengawalan. Sayang sekali penyerang Chelsea dari Prancis ini terlalu terburu-buru sehingga bola dibuang jauh oleh bek Sunderland.

Tim tamu malah meraih peluang lewat kerja sama Patrick Van Anholt dan Jermaine Defoe, sayang bola tendangan Van Anholt yang sudah melewati Peter Cech masih dapat dihalau di mulut gawang Chelsea oleh bek tuan rumah, Cesar Azpilicueta.

Chelsea akhirnya bisa unggul di menit ke-69. Loic Remy yang menjadi pencetak golnya. Gol itu hasil umpan Eden Hazard.  Sunderland nyaris membalas gol Remy  pada menit ke-72, Van Anholt yang menggiring bola dari sisi kiri lapangan memberi umpan silang di udara ke kotak penalti Chelsea, akan tetapi bola yang disundul rekannya, Steven Fletcher gagal menemui sasaran.

Asyik menyerang Chelsea sempat lupa pertahanan, beruntung salah satu pemain bertahannya, Nemanja Matic berhati-hati dalam bermain, walau dia melakukan  pelanggaran  yang dia lakukan ke gelandang Sunderland, Giancarlo Giaccherini beruntung Matic hanya diganjar kartu kuning.

Chelsea memastikan kemenangan menit ke-87, kerja sama saling mengumpan bola Nemanja Matic dan Eden Hazard di sisi kiri penyerangan Chelsea gagal dihentikan para bek Sunderland, akibatnya bola mengalir ke Loic Remy, dan penyerang asal Prancis ini menutup kemenangan Chelsea dengan skor 3-1.

Chelsea: Peter Cech, John Terry, Gary Cahill, Branislav Ivanovic, Cesar Azpilicueta, Jan Obi Mikel, Willian Borges, Nemanja Matic, Eden Hazard, Juan Cuadrado, Didier Drogba.

Sunderland: Vito Mannone, John O’Shea, Billy Jones, Sebastian Coates, Patrick Van Anholt, Adam Johnson, Sebastian Larsson, Jack Rodwell, Steven Fletcher, Jermaine Defoe, Connor Wickham.

Hasil Pertandingan lainnya: Arsenal  4-1 West Bromwich, Aston Villa 0-1 Burnley, Crystal Palace 1-0 Swansea City, Everton 0-1 Tottenham Hotspur, Hull City  1-0 Manchester United, Leicester City 5-1 Queens Park Rangers, Manchester City 2-0 Southampton, Newcastle United 2-0 West Ham United, Stoke City 6-1 Liverpool.  (sportsmole.co.uk/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home