Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:02 WIB | Rabu, 28 Januari 2015

Donatur Janjikan Dana untuk Imunisasi 300 Juta Anak

GAVI Alliance siap untuk mengimunisasi lebih dari 250 juta anak di negara berkembang pada tahun 2015. (Foto: gavi.org)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - “ Donatur publik dan swasta menjanjikan dana sebesar 7,5 miliar dolar Amerika (sekitar Rp 93,8 triliun) untuk membantu mengimunisasi 300 juta anak-anak di negara-negara berkembang dalam lebih dari lima tahun, “ kata sebuah aliansi vaksin mengumumkan pada Selasa (27/1).

Global Alliance for Vaccines and Immunisation (GAVI) mengumumkan, pihaknya mendapatkan janji donatur yang lebih besar daripada yang mereka targetkan untuk 2016 hingga 2020 dalam konferensi di Berlin.

“ Dana tersebut akan membantu aliansi, yang didirikan pada 2000 sebagai kemitraan publik-swasta internasional, mendukung negara-negara berkembang dalam melakukan vaksinasi terhadap 300 juta anak-anak lainnya, menyelamatkan hingga enam juta jiwa, “ katanya.

“ Kami tidak pernah mendapat dana sebesar ini dalam sejarah GAVI. Ini memecahkan rekor. Ini permintaan sangat berani yang kami ajukan kepada para pemimpin dunia, tetapi juga sangat menarik, “ kata ketua dewan GAVI Dagfinn Hoybraten kepada para wartawan.

Dia mengatakan, beberapa donatur GAVI saat ini telah meningkatkan dukungan mereka “secara substansial”  dan bahwa empat negara, termasuk Tiongkok  yang sebelumnya menjadi penerima dana GAVI  telah menjadi donatur baru.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, kepada para donatur pada Selasa (27/1) telah terjadi banyak perbaikan berkat kerja dari GAVI tetapi tantangan masih tetap ada, menyoroti epidemi ebola di Afrika yang menunjukkan lemahnya sistem kesehatan di beberapa negara.

Dia mengatakan kesehatan masyarakat akan menjadi prioritas bagi Jerman tahun ini.(AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home