Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 12:40 WIB | Rabu, 13 Juli 2016

Dua Aktor Kulit Hitam Terkaya

Dua Aktor Kulit Hitam Terkaya
Samuel L Jackson (kiri) dan Morgan Freeman. (Foto-foto: imdb.com)
Dua Aktor Kulit Hitam Terkaya
Samuel L Jackson dalam "The Legend of Tarzan". (Foto: torontosun.com)
Dua Aktor Kulit Hitam Terkaya
Morgan Freeman dalam "Now You See Me 2". (Foto: hdwallpapers.in)

SATUHARAPAN.COM – Di tengah-tengah merebaknya isu rasial di Amerika Serikat, dua aktor kulit hitam tercatat namanya dalam daftar Top 10 aktor berpenghasilan terbesar. Box Office Mojo, lembaga layanan yang merekam data film-film laris di bawah payung IMDb, belum lama ini menempatkan nama aktor Samuel L Jackson dan Morgan Freeman dalam urutan kedua dan ketiga dalam daftar Top 10 itu.

Dalam daftar yang diluncurkan setiap tahun itu, posisi teratas Top 10 periode kali ini masih ditempati aktor Harrsion Ford, dan posisi kunci urutan ke-10 ditempati aktris Scarlett Johannson, yang sekaligus mencatat rekor menembus dominasi pria di jagat perfilman Hollywood.

Jackson dan Freeman membuktikan diri dapat menembus dominasi kulit putih di industri perfilman Amerika Serikat yang mendominasi dunia perfilman dunia. Jackson ataupun Freeman mampu membuktikan diri bahwa mereka pun termasuk dalam jajaran “orang penting” di Amerika Serikat, sejajar dengan aktor kulit putih, bahkan mengungguli mereka.

Sebagaimana diketahui, merebaknya isu rasial di Amerika Serikat dipicu peristiwa penembakan Michael Brown, seorang pemuda berkulit hitam oleh polisi berkulit putih, di Ferguson, Missouri, 9 Agustus 2014. Kenyataannya, serangkaian penembakan atas pria kulit hitam masih terjadi setelah itu, dan puncaknya terjadi aksi balas dendam oleh veteran perang Afghanistan Micah Johnson (25), yang menewaskan lima polisi di Dallas, Texas, awal Juli ini.

Samuel L Jackson, Termasuk Aktor Paling Sibuk di Hollywood

Banyak aktor terkenal saat ini. Bukan hanya karena patut dipuji kemampuan aktingnya, namun aktor tersebut memang jadi magnet bagi penggemar film untuk menonton filmnya, sekaligus juga jadi jaminan produser film yang dia bintangi bakal jadi film laris.

Samuel L Jackson (67), menurut data Box Office Mojo, seperti dikutip dari boxofficemojo.com, meraup penghasilan 4.6 miliar dolar AS (setara dengan Rp 60,28 triliun). Sebagai perbandingan, di posisi teratas, aktor Harrison Ford disebutkan berhasil meraup penghasilan 4.8 miliar dolar AS (setara  dengan Rp 62,90 triliun), yang ia peroleh terutama dari film-film franchise Star Wars dan Indiana Jones.   

Jackson hingga saat ini tercatat sebagai salah satu aktor paling sibuk di Hollywood. Penggemar film dapat melihat akting terbarunya dalam film The Legend of Trazan, Miss Peregrine's Home for Peculiar Children, xXx: The Return of Xander Cage, dan Kong: Skull Island yang dirilis pada tahun depan.

Jackson meraih kesuksesan secara komersial dan pujian ketika tampil dalam film-film garapan sutradara Quentin Tarantino, seperti Pulp Fiction, Django Unchained, dan The Hateful Eight.

Jackson juga tampil sebagai Nick Fury dalam film Marvel, dan mulai tampil dalam peran kecil dalam Iron Man. Film-film Avengers, seperti diketahui, selalu mencatatkan diri sebagai film laris, tak mengherankan jika berdampak pada pundi-pundi Jackson ikut menggemuk.

Morgan Freeman Masih Tetap Jaya di Usia Senja

Aktor Morgan Freeman menempati urutan ketiga daftar Top 10 aktor berpenghasil terbesar. Box Office Mojo meluncurkan angka 4.4 miliar dolar AS untuk penghasilan yang berhasil ia raup. Angka itu setara dengan Rp 57,66 triliun. Freeman mengungguli aktor Tom Hanks, yang berada di posisi di bawahnya, dengan penghasilan 4.3 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 56,35 triliun.

Morgan Freeman kini berusia 79 tahun. Ia mengawali kariernya pada dekade 60, tampil dalam film The Pawnbroker pada 1964. Sejak itu, kariernya meroket, tampil dalam berbagai jenis film.

Beberapa film yang membuat namanya dikenang adalah Driving Miss Daisy dan Million Dollar Baby. Ia juga tampil dalam dalam film laris garapan sutradara Christopher Nolan, trilogi Batman.

Bukan hanya meraup kesuksesan secara finansial dan pujian dari kritikus film, namanya juga tercatat lima kali masuk dalam daftar nominasi peraih Oscar, penghargaan tertinggi dalam industri perfilman Amerika, termasuk untuk perannya dalam film Driving Miss Daisy dan The Shawshank Redemption.

Sekalipun belum meraih Oscar untuk kategori aktor terbaik, ia sudah mengantongi penghargaan itu untuk kategori aktor pendamping atau pendukung terbaik, untuk penampilannya dalam Million Dollar Baby.

Di era aktor-aktor muda dan ganteng seperti Channing Tatum, Liam Hemsworth, Taylor Lautner, Nicholas Hoult, hingga Alexander Skarsgard wira-wiri di layar perak, Samuel Jackson dan Morgan Freeman masih menunjukkan eksistensinya.

Freeman masih dapat kita nikmati aksinya dalam film terbaru, Now You See Me 2. Dan, Agustus mendatang, kita juga dapat menikmati aktingnya dalam film Ben-Hur.

Selain Tom Hanks (urutan keempat), keduanya juga masih mengungguli nama-nama terkenal lain seperti  Robert Downey Jr (5), Eddie Murphy (6), Tom Cruise (7), Johnny Depp (8), Michael Caine (9).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home