Google+
Loading...
FOTO
Penulis: Sabar Subekti 08:57 WIB | Sabtu, 19 September 2020

Dunia Kurang Siap Hadapi Pandemi

Dunia Kurang Siap Hadapi Pandemi
Seorang anak mengenakan masker untuk mencegah penularan COVID-19 sedang ditimbang berat badannya di sebuah puskesmas di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dan petugasnya mengenakan pakaian perlindungan diri. (Foto: UNICEF)
Dunia Kurang Siap Hadapi Pandemi
Volkan Bozkir (kiri), Presiden sidang ke-75 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), membuka sidang paha 15 September 2020. Di sebelah kanan adalah Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Ini adalah pertama kalinya sidang umum PBB dilakukan secara virtual, akibat pandemi. (Foto: un.org)

SATUHARAPAN.COM- Pandemi COVID-19 telah menunjukkan bahwa secara kolektif, dunia sangat kurang siap, kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Sejak pergantian milenium, dunia mengalami serangan pandemi: SARS, MERS, H1N1, Zika dan Ebola semuanya telah menunjukkan peningkatan kemunculan virus yang membuat lompatan zoonosis dari hewan ke manusia, dan yang terbaru, COVID-19.

Pelajaran penting dari pandemi virus corona sejauh ini adalah beberapa tindakan nyata yang dapat diambil untuk melindungi diri di masa mendatang. Seluruh dunia harus melakukan ini untuk memperkuat kesiapan.

Sementara mengakui bahwa pasti akan ada virus baru dan penyakit tak dikenal di masa depan, kepala WHO itu menekankan perlunya solidaritas, bahkan secara global. Badan PBB itu juga meminta semua orang "melakukan hal-hal dasar": menjaga jarak fisik, mencuci tangan, memakai masker, menghindari keramaian, dan menjaga jendela dan pintu tetap terbuka ketika kunjungan di luar tidak memungkinkan. (un.org)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home