Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 18:10 WIB | Senin, 10 Oktober 2016

Ekonom UI: Pilkada DKI, Investor Tak Tertarik dengan Isu SARA

Ekonom Universitas Indonesia, Lana Soelistianingsih (Foto: Fiskal.co.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM -  Ekonom Universitas Indonesia, Lana Soelistianingsih, menilai para investor belum terpengaruh terhadap pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengenai ayat suci Alquran surat Al Maidah ayat 51.

"Saya melihat pernyataan Ahok tidak memberikan pengaruh. Iklim usaha akan terpengaruh apabila ada gerakan massa seperti aksi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat dan buruh untuk memperjuangkan upah," kata dia kepada satuharapan.com di Jakarta pada hari Senin (10/10).

Menurut dia, selama isu Pilkada tidak mengarah kepada daya beli masyarakat dan biaya produksi, iklim investasi akan aman. Sebab, sejauh ini investor tidak mempertimbangkan terlalu besar faktor politik.

"Iklim usaha akan memberikan pengaruh, seperti penanggulangan banjir dan macet. Investor akan melihat komitmen para calon Gubernur menanggulangi kemacetan di Jakarta. Artinya investor akan melihat unsur keekonomian, bukan unsur politiknya," kata dia.

Namun dia menambahkan, iklim investasi akan terpengaruh apabila ada gerakan massa dari buruh atau masyarakat akibat pernyataan Ahok. Sejauh ini, kata dia, gerakannya masih sebatas sosial media.

"Sejauh ini kita lihat demokrasi kita ini sudah cukup dewasa, artinya masyarakat tidak terlalu gampang untuk dipengaruhi walaupun di media sosial," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home