Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:19 WIB | Kamis, 02 Oktober 2014

Fraksi MPR RI 2009-2014 Ditetapkan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) wajah baru Desi Ratnasari berada di gedung Nusantara saat akan mengikuti agenda pengambilan sumpah dan janji jabatan sebagai anggota DPR periode 2014 - 2019 dalam gelar sidang paripurna di gedung DPR Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Rabu (1/10). (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Partai politik yang lolos parliamentary threshold dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) terpilih dari Pemilu Legislatif 2014 telah menyampaikan komposisi dan susunan pengurus fraksi di Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014-2019, dalam Sidang Paripurna MPR RI, yang diselenggarakan di Ruang Paripurna I, Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/10).

Namun hingga Sidang Paripurna ditutup, Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) belum hadir di ruang sidang.

Dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), nama Ahmad Basara diangkat menjadi ketua fraksi. Semetara Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) diketuai oleh Hardi Susilo, sedangkan nama Edhy Prabowo terpilih menjadi Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Di Fraksi Partai Demokrat, terpilih nama Menteri Perhubungan Republik Indonesia ke-28 E.E. Mangindaan, sedangkan Ir. Alimin Abdullah menjadi Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dengan susunan Ketua Fraksi Muhammad Lukman Edy. Lalu Fraksi Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipimpin oleh Ahmad Zainuddin, dan Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) diketuai Syarifudin Suding.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terpilih sebagai ketua fraksi Drs. H. Irgan Chairul Mahfiz, dan Kelompok DPD RI dipimpin Dr. Bambang Sadono.

Berikut Daftar Ketua Fraksi Partai Politik MPR RI 2014-2019

Ketua Fraksi PDIP : Ahmad Basara

Ketua Fraksi Partai Golkar : Hardi Susilo

Ketua Fraksi Partai Gerindra : Edhy Prabowo

Ketua Fraksi Partai Demokrat : E.E Mangindaan, S.IP

Ketua Fraksi PAN : Ir. Alimin Abdullah

Ketua Fraksi PKB : Muhammad Lukman Edy

Ketua Fraksi PKS : Ahmad Zainuddin

Ketua Fraksi PPP : Drs. H. Irgan Chairul Mahfiz

Ketua Fraksi Partai NasDem : Belum Menyampaikan

Ketua Fraksi Partai Hanura : Syarifudin Suding

Ketua Kelompok DPD RI : Dr. Bambang Sadono

374 dari 629

Sidang Paripurna MPR RI yang baru terlaksana itu melewati dua kali skors, akibat tidak kuorum. Pimpinan MPR sementara Maimanah Umar yang menggantikan Mudaffar Sjah karena sakit mencabut skorsing pukul 13.05 WIB sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

"Baiklah kita mulai. Sampai saat ini hadir 374 orang dari 629 orang. Dengan demikian telah memenuhi kuorum," ujar Maimanah yang didampingi oleh wakil pimpinan sementara, Ade Rizki Pratama sembari mengetuk palu.

Sidang diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Adapun agenda Sidang Paripurna Kedua ini pengesahan jadwal sidang dan penyusunan fraksi MPR.

Sementara itu, untuk pemilihan ketua MPR dilakukan pada Senin (6/10) mendatang.

"Senin (6/10) Sidang Paripurna Ketiga untuk pemilihan pimpinan MPR, rapat gabungan pimpinan MPR untuk mempersiapkan pelantikan pimpinan," kata dia.

Anggota dewan yang hadir dari PDIP 74 orang, Gerindra 48 orang, Hanura 9 orang, NasDem 1 orang, Demokrat 50 orang, PKS 27 orang, Golkar 24 orang, PAN 11 orang, PKB 18 orang dan PPP 11 orang. MPR merupakan gabungan dari anggota DPR dan DPD.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home