Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 11:27 WIB | Rabu, 04 September 2013

Gereja Swiss Tuan Rumah Perayaan Ekumenis

Sekum WCC, Rev. Dr Olav Fykse Tveit berkhotbah di perayaan di Lausanne. (Foto: ouikumene.org)

Dalam perayaan ekumenis di Katedral Lausanne, Swiss, sekjen  Dewan Gereja Dunia (WCC) Sekjen berkhotbah tentang tema Sidang WCC mendatang di Busan. Dia mendorong gereja-gereja untuk melanjutkan perjalanan mereka menuju keadilan dan perdamaian.

Diadakan pada 1 September, perayaan ini diselenggarakan oleh Dewan Gereja-gereja Kristen di Swiss, Komunitas Gereja Kristen di Canton de Vaud (CECCV), dan WCC. Pembicara juga termasuk pejabat komuni Anglikan Katolik, Ortodoks, dan Romawi.

Acara ini merayakan ulang tahun ke 10 dari Komunitas Gereja Kristen di Canton de Vaud serta karya ekumenis bertahun-tahun gereja-gereja Swiss.

Perayaan mengumpulkan lebih dari seratus perwakilan dari gereja Swiss dari berbagai denominasi termasuk Katolik, Ortodoks, Protestan, Evangelikal, dan Pantekosta, serta anggota organisasi ekumenis internasional yang berbasis di Jenewa.

Doa khusus yang ditawarkan bagi para delegasi Swiss untuk Sidang Raya WCC.

Sidang Raya ke-10 WCC akan berlangsung dari 30 Oktober-8 November di Busan, Korea Selatan. Sidang Raya akan membahas tema “Tuhan atas kehidupan, membawa kita untuk keadilan dan perdamaian”.

Pdt Dr Olav Fykse Tveit, sekretaris umum WCC, menyebut Sidang Raya di Busan sebagai “ziarah keadilan dan perdamaian”.

“Ziarah ini memiliki konsekuensi besar bagi bagaimana kita hidup iman kita sebagai jemaat dan gereja, secara individu dan bersama-sama, dan dalam hubungan dengan orang-orang dari budaya dan agama-agama lain. Menjaga 'inisiatif kecil ini' dalam bidang visi kita akan memengaruhi jalan perdamaian yang akhirnya kita jalani,” katanya.

Pada perayaan itu, Martin Hirzel dari Federasi Gereja Protestan Swiss, mengatakan, “’Tuhan atas kehidupan, membawa kita untuk keadilan dan perdamaian’' adalah doa koinonia bagi gereja-gereja, yang bertekad untuk tetap bersama meskipun berbeda, karena Allah lebih besar daripada perbedaan mereka.”

“Ini adalah doa untuk kesatuan diungkapkan oleh gereja-gereja dalam konteks mereka sendiri dan visi bersama untuk keadilan dan perdamaian yang akan menuntun mereka menuju Kerajaan Allah,” tambahnya.

Rev Jean - Jacques Meylan, presiden CECCV, juga membahas perayaan ekumenis. Dia mengatakan, “Salib Kristus membawa kita bersama sebagai gereja untuk merayakan upaya kami untuk keadilan dan perdamaian di masyarakat kita, masyarakat dan dunia pada umumnya.”

Dia menambahkan bahwa gereja-gereja berpartisipasi dalam perayaan acara ekumenis umum bahwa kita semua adalah bagian dari misteri ilahi dari Allah—Tuhan atas kehidupan, yang kita doakan akan membawa kita menuju keadilan dan perdamaian.

“Dengan mendengarkan firman Allah, doa, dan refleksi, kita menemukan sumber kesamaan-kesamaan kita bersama dalam iman kita,” kata Charles Morerod, Uskup Katolik dari Lausanne, Jenewa, dan Fribourg.

Dia menekankan teologi yang harus dipahami dalam arti melakukan kontak dengan Tuhan. Ini adalah sumber ekumenisme spiritual sehingga gagasan tentang persatuan umat Kristen akan bisa dipahami, Morerod menambahkan.

Di antara pembicara lain dan peserta pada perayaan hadir pula Beatrice Metraux, seorang pejabat pemerintah dari Canton de Vaud, Metropolitan Jeremy dari Patriarkat Ekumenis di Swiss dan Pdt Adèle Kelham dari Gereja Anglikan. (oikumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home