Loading...
SAINS
Penulis: Kris Hidayat 16:16 WIB | Rabu, 03 September 2014

Google Kembangkan Cip Komputer Kuantum Super Cepat

Kantor pusat Google di Mountain View, California. (Foto: AFP/Justin Sullivan)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM - Google sedang mengembangkan cip komputer kuantum super cepat sebagai bagian dari rencana untuk menciptakan mesin yang dapat berpikir seperti manusia, demikian disampaikan Google, Selasa (3/9).

Peneliti ternama John Martinis dan timnya di University of California - Santa Barbara, direkrut oleh perusahaan raksasa Internet dan dilibatkan dalam tim Quantum Artificial Intelligence (AI) Google, menurut pernyataan direktur engineering Google, Hartmut Neven.

Perekrutan tersebut merupakan bagian dari “inisiatif perangkat keras” Google untuk mendesain dan menciptakan cip yang beroperasi di tingkat sub-atom dengan cara yang membuat cip tersebut bekerja jauh lebih cepat ketimbang prosesor komputer yang digunakan saat ini.

“Dengan kelompok perangkat keras yang terintegrasi, tim Quantum AI kini akan mampu mengimplementasikan dan menguji desain-desain baru,” ujar Neven.

Tahun lalu, laboratorium kecerdasan buatan Google menjalin kemitraan dengan badan antariksa Amerika Serikat NASA dalam penelitian komputasi kuantum. (Ant/AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home