Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 11:43 WIB | Senin, 02 Maret 2015

Hadapi Defisit, Paus Minta Para Pastor Sekolah Manajemen

Buku Koleksi Pengetahuan dari Aritmatika, Geometri, Proporsi, dan Proporsionalitas. (Foto: libreriasdeocasion.com.mx)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Pastor Massimo Cavallo kembali ke sekolah setelah berjuang mengurusi pemeliharaan, pemasok, dan pajak. Ia adalah pengelola asrama mahasiswa Katolik di Roma.

Laki-laki 34 tahun adalah salah satu dari 26 peserta kursus manajemen pastoral yang diresmikan pada 16 Februari di Universitas Kepausan Lateran (Pontifical Lateran University) bagi mereka yang mengelola sumber daya manusia dan keuangan di paroki-paroki, keuskupan dan organisasi lain yang berafiliasi dengan Gereja Katolik. Kursus 15 bulan ini meliputi topik-topik seperti komunikasi strategis, etika bisnis, dan pemecahan masalah secara kreatif.

Upaya ini sejalan dengan upaya Takhta Suci untuk menutup kekurangan anggaran seiring Italia berusaha keluar dari resesi terpanjang sejak Perang Dunia II. Paus Fransiskus juga berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan membersihkan masalah keuangan setelah skandal yang melibatkan Bank Vatikan dan badan administratif Takhta Suci APSA, yang mengelola aset-aset dan kepemilikan keuangan negara terkecil di dunia ini.

"Mencari dana untuk memenuhi kebutuhan itu tidak mudah," kata Cavallo dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.com, Kamis (26/2) di luar kantornya yang penuh dengan tumpukan buku teologi, foto-foto dirinya bersalaman dengan Paus Fransiskus dan dua pendahulunya, desktop PC, dan kalkulator.

Pembersihan

Paus Fransiskus, pemimpin dunia 1,2 miliar umat Katolik, telah meningkatkan pengawasan dan mulai melakukan perbaikan sistem keuangan Takhta Suci dengan menunjuk sebuah komisi khusus untuk meneliti kegiatan bank Vatikan dan memperkuat upaya untuk mematuhi aturan anti pencucian uang internasional. Dia juga mendirikan sekretariat untuk masalah ekonomi yang berusaha untuk menyatukan pengelolaan beberapa kantor Vatikan yang selama berabad-abad beroperasi secara independen dan dengan sedikit pengawasan.

"Kami rohaniwan, imam jatuh ke dalam perangkap karena kelicikan, kurangnya persiapan, dan kebodohan kami," kata Rektor Monsignor Enrico dal Covolo dalam wawancara di lantai tujuh perpustakaan universitas kepausan, yang berisi lebih dari 500.000 buku dan dokumen. Dalam kebanyakan kasus, dia berkata, '' tidak adanya transparansi bukan karena penipuan terencana. ''

Pada Maret 2014, Paus Fransiskus mencopot Uskup Jerman dari Keuskupan Limburg setelah membangun  kompleks perumahan baru seharga 31 juta euro (Rp 450 miliar) itu menyebabkan kegemparan di kalangan umat beriman. Tak lama setelah itu, Uskup Agung Atlanta meminta maaf karena  membangun sebuah rumah 1,9 juta euro  (Rp 27,6 miliar) sebagai kediamannya menggunakan menyumbangkan uang yang dialokasikan untuk penggunaan agama dan amal.

Tercemar

Skandal-skandal itu mencemarkan citra gereja yang diperjuangkan Paus Fransiskus: "Kesederhanaan, dan gereja untuk mereka yang sederhana".

Sebagai bagian dari dorongan untuk meningkatkan transparansi dan memotong biaya, Takhta Suci telah mendistribusikan manual tentang etika ekonomi dan akuntabilitas dalam beberapa departemen.

"Seperti yang diajarkan Injil, kita tidak boleh menyerahkan diri pada kekayaan, kita harus berhati-hati dengan cara yang tepat," kata dal Covolo.

Takhta Suci juga berusaha menghadapi kesenjangan anggaran. Melaporkan defisit lebih dari 24 juta euro (Rp 349 miliar) pada 2013, tahun terakhir sesuai data itu tersedia. Italia juga berjuang untuk menarik dirinya keluar dari resesi. Sampai akhir tahun lalu, perekonomian Italia belum tumbuh sejak kuartal kedua tahun 2011.

Kelas Baru

Profesor Giulio Carpi, kepala kursus manajemen pastoral universitas, mengatakan kelas pertama padat, menarik bagi pendeta dan staf awam lainnya dari berbagai negara termasuk Italia, Austria, Slovenia, dan India.

"Kami sudah merencanakan kursus lain di musim gugur, yang belum diiklankan, dan 12 orang telah terdaftar untuk yang satu itu," katanya.

Saat siswa mengambil catatan pada laptop mereka, sejarah memberikan beberapa inspirasi. Luca Pacioli, seorang biarawan Fransiskan dan matematika, tersenyum di antara satu slide yang diproyeksikan di kelas. Pacioli adalah orang pertama yang menggambarkan sistem buku double-entry pembukuan yang dikenal sebagai "metode Venesia" yang digunakan oleh para pedagang di era itu.

Buku terbitan tahun 1494 miliknya, Summa de Arithmetica, geometria, proportioni et proportionalita, atau Koleksi Pengetahuan dari Aritmatika, Geometri, Proporsi, dan  Proporsionalitas, dianggap sebagai dasar akuntansi modern.

Pastor Cavallo mengatakan prinsip-prinsip manajemen dapat membantunya mengatasi iklim ekonomi sulit saat ini.

"Dalam beberapa tahun terakhir lingkungan telah berubah," katanya. "Jadi perlu pemerlengkapan  dari sudut pandang ini. Tidak hanya mendesak, tetapi penting." (bloomberg.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home