Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca CR 17:03 WIB | Rabu, 01 Oktober 2014

Hari Nasional Tiongkok, Kim Jong-Un Kirim Ucapan

Kim Jong-Un adalah Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea. Sebelum menjadi pemimpin Korea Utara, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pertama Partai Buruh Korea, Ketua Pertama Komisi Militer Sentral, Panglima Tertinggi Tentara Rakyat Korea, dan anggota presidium Politbiro Partai Buruh Korea. Ia secara resmi dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara setelah pemakaman kenegaraan ayahnya pada tanggal 28 Desember 2011. (Foto: theaustralian.com.au)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un mengirimkan ucapak selamat untuk pemerintah Tiongkok di hari nasional Tiongkok pada Rabu (1/10). Ia juga menyampaikan harapannya untuk kemakmuran masa depan dan kebahagiaan warga Tiongkok.  
Dilansir dari Kantor Berita Korea Utara (KCNA), Kim mengirimkan pesan tiga alinea yang dikirim ke Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menandai ulang tahun ke-65 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok.  

Kim  selama hampir satu bulan terakhir ini memang tidak terlihat di publik karena dugaan gangguan kesehatan. Ia terakhir terlihat di depan umum pada 3 September lalu. Tayangan televisi dewasa ini menunjukkan bahwa Kim mengalami kelebihan berat badan dan berjalan dengan kaki pincang. Beberapa pengamat menilai ini merupakan gejala gangguan sendi yang cukup kronis.

Pihak Korea Utara menyampaikan bahwa Kim Jong-Un mengalami "ketidaknyamanan". Pengakuan yang jarang disampaikan ini telah memicu berbagai spekulasi mengenai kesehatan Kim serta pengawasan seksama atas penyebutan nama pemimpin muda itu di media pemerintah. Rumor tentang kesehatannya merebak setelah Kim batal menghadiri pertemuan parlemen Korea Utara pekan lalu.

Kim mengambil alih kendali kekuasaan di Korea Utara setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada Desember 2011. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home