Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:00 WIB | Minggu, 30 November 2014

Hong Kong Tawari Indonesia Konsep “Smart City”

Hong Kong. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Hong Kong menawarkan kepada Indonesia untuk mengembangkan konsep smart city yang terkoneksi langsung sebagai sister city dari Hong Kong sekaligus mengoneksikannya dengan kota-kota besar lain di Indonesia.

"Ada banyak yang bisa kita pertukarkan di antaranya konsep smart city yang bisa dikembangkan dengan bantuan kami untuk kepentingan peningkatan layanan pemerintah untuk masyarakat," kata Vice President Hong Kong Computer Society Stephen Lau di Jakarta, Minggu (30/11).

Smart city, kata dia, bisa dikembangkan di Jakarta seperti halnya Hong Kong dalam hal infrastruktur TIK, green technology, layanan transportasi, dan lain-lain.

Ia menambahkan, Jakarta juga bisa sekaligus dikoneksikan melalui penggunaan TIK dengan dua kota terbesar lain di Indonesia misalnya Medan dan Surabaya.

"Kami siap menyediakan tenaga ahli untuk mewujudkannya," kata Stephen.

Banyak Potensi

Regional Director, South East Asia and India, Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) Dannie Chiu kemudian mengatakan Indonesia dan Hong Kong memiliki banyak potensi yang bisa dikerjasamakan.

"Kita bisa melakukan bisnis bersama-sama, termasuk misalnya di sektor ICT," kata dia.

Hong Kong sendiri sedang mengukuhkan diri sebagai hub untuk ICT di Asia Pasifik, selain mengembangkan rezim pajak sederhana dan terprediksi dengan mudah, tarif pajak paling rendah di Asia Pasifik, dan nomor tiga terendah di dunia.

Pemerintahnya menghabiskan belanja IT mendekati 660 juta dolar Amerika Serikat pada 2012-2013 dan mendekati 890 juta dolar Amerika Serikat pada 2013-2014. Hongkong juga akan meningkatkan layanan berbasis cloud.

Negeri ini telah menjadi basis penanaman modal asing hingga mencapai 665,7 miliar dolar AS (sampai akhir 2013).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home