Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 09:05 WIB | Kamis, 26 Januari 2017

Indeks Dow Jones Tembus 20.000 Dipicu Optimisme pada Trump

Donald J. Trump (Foto: Ist)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Bursa Tokyo melonjak di awal perdagangan pada hari Kamis pagi (26/01) setelah Dow Jones menembus rekor di atas 20.000 poin untuk pertama kalinya berkat optimisme para investor bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengimplementasikan kebijakan yang propasar.

Indeks Nikkei 225 melonjak 1,02 persen atau 195,12 poin menjadi 19.252,62. Indeks Topix menguat 1,03 persen atau 15,71 poin ke level 1.537,29.

Dow Jones melaporkan Indeks MSCI Asia Pacific naik ke level tertinggi sejak September seiring dengan pendapatan perusahaan yang menghidupkan kembali optimisme investor atas pertumbuhan ekonomi.

Sementara pendapatan perusahaan meningkatkan sentimen bullish terhadap ekuitas, para investor juga terpicu oleh tanda-tanda awal dari kebijakan Presiden AS Donald Trump. Dia telah mengambil langkah-langkah untuk memenuhi janji kampanyenya yang pro-pertumbuhan, termasuk mengidentifikasi proyek-proyek infrastruktur, menyetujui dua pipa minyak dan membujuk produsen mobil AS membangun pabrik di dalam negeri. 

Naiknya sentimen terjadi setelah para trader bulan ini mulai mencari tempat berlindung aset  di tengah kekhawatiran bahwa keuntungan setelah kemenangan Trump sudah terlalu jauh.

"Ekonomi AS berjalan baik, pendapatan perusahaan juga baik dan sepertinya kebijakan Trump akan terus meningkatkan perekonomian," kata Mitsushige Akino, pejabat eksekutif di Ichiyoshi Investment Management Co di Tokyo.
"Dengan imbal hasil obligasi meningkat, kita melihat pergerakan secara bertahap dari obligasi ke aset yang berisiko."

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home