Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 18:22 WIB | Rabu, 05 Februari 2014

India Berbahagia Warganya Jadi CEO Microsoft

Satya Nadella. (Foto: techinvestornews.com)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM - India pada Rabu (5/2) menyambut bahagia setelah Satya Nadella (46) ditunjuk sebagai kepala eksekutif baru Microsoft, menggantikan Steve Ballmer, yang lengser tahun lalu. Ia menjadi contoh terbaru dari eksekutif kelahiran India yang naik ke puncak dunia usaha AS.

Nadella, yang menjadi CEO ketiga perusahaan raksasa tersebut pada Selasa (4/2), lahir dan besar di Kota Hyderabad, India selatan. Ia belajar di Mangalore University sebelum pindah ke Amerika untuk melanjutkan studi dan kariernya. Dengan keahlian di bidang elektronika, ilmu komputer, dan administrasi bisnis, ia bergabung dengan Microsoft pada 1992.

“India membuat sebuah power point”, demikian judul berita utama di halaman depan surat kabar Times of India tentang penunjukan penggemar kriket tersebut.

“India secara jelas muncul sebagai mesin berbakat yang secara konsisten melahirkan CEO global,” ujar harian tersebut.

Pihaknya mengatakan, langkah tersebut semakin memperkuat kebergantungan perusahaan multinasional yang lebih besar kepada negara-negara berkembang seperti India, dengan kawasan tersebut dipandang sebagai kawasan yang melahirkan para pemimpin.

Mereka, di antaranya, Anshu Jain yang duduk di jabatan penting Deutsche Bank, Indra Nooyi di PepsiCo, dan Ajay Banga di Mastercard.

Vibhor Singhal, wakil presiden perusahaan riset TI di PhillipCapital India, sebuah pialang saham, mengatakan kunci keberhasilan mereka adalah “keterbukaan ekonomi AS dalam hal menerima dan memungkinkan bakat dari luar untuk naik ke puncak kepemimpinan”.

Dia menambahkan orang India sering memiliki bakat dalam bidang perangkat lunak, “karena kami cenderung berpikir secara logis.” (AFP/Ant/BBC)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home