Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:54 WIB | Jumat, 20 Januari 2017

Jadwal Lengkap Inaugurasi Donald Trump-Mike Pence

Presiden terpilih AS, Donald Trump dan Presiden AS Barack Obama ketika bertemu di Gedung Putih (Foto: Washington Times)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Donald Trump akan dilantik sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat pada hari Jumat (20/01) pada siang hari waktu Washington, atau Jumat tengah malam waktu Jakarta (perbedaan waktu Washington dan Jakarta 12 jam).

Menurut jadwal yang diumumkan oleh Sekretaris Pers Donald Trump, Sean Spicer, acara pelantikan dimulai pada hari Jumat pukul 11:00, atau pukul 23:00 WIB.

Berikut ini adalah jadwal Donald Trump jam demi jam menjelang dan sesudah pelantikan dirinya.

Kamis

12:30: Trump akan menghadiri acara makan siang bertema kepemimpinan di Trump International Hotel di Washington.  Turut hadir: Kepala Staf Reince Priebus, Ketua Komite Pelantikan Presiden Tom Barrack dan CEO Sarah Armstrong, Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, Pemimpin Mayoritas DPR, Kevin McCarthy, dan berbagai nominasi kabinet dan staf senior Gedung Putih mendatang.

15:00:  Trump, Pence dan keluarga mereka akan menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Pemakaman Nasional Arlington.

16:00: Trump, Pence dan dan keluarga mereka akan menghadiri konser musik Make Great America di Lincoln Memorial.

Mengikuti tradisi, Trump akan menginap semalam di Blair House, di seberang jalan dari Gedung Putih.

Jumat

08:30: Trump, Pence, calon menteri Kabinet dan keluarga dan teman-teman mereka akan menghadiri ibadah di gereja St John's Episcopal Church, yang dikenal sebagai "gereja presiden" karena setiap presiden sejak James Madison telah mengikuti ibadah di sana.

09:30: Trump, Pence dan keluarga mereka akan menghadiri acara minum teh yang diselenggarakan oleh Presiden Barack Obama dan Ibu Negara di Portico Selatan Gedung Putih.

10:00: Presiden Obama dan Wakil Presiden Biden akan mendampingi penerus mereka ke Gedung Capitol untuk pelantikan.

11:00: Program pelantikan dimulai.

Siang: Pence akan dilantik sebagai wakil presiden, diikuti oleh sumpah jabatan Trump sebagai presiden. Trump akan menyampaikan pidato pelantikannya.

13:00: Trump, Pence dan istri-istri mereka akan akan menghadiri pertemuan makan siang Komite Bersama Inaugurasi Kongres di Capitol.

14:30: Trump dan Pence akan menghadiri sebuah parade militer di depan Gedung Capitol, dan kemudian parade dari Pennsylvania Avenue ke Gedung Putih.

15:00: Trump dan Pence menghadiri parade perdana di tribun di luar Gedung Putih. Setelah itu, ia akan bekerja di Gedung Putih, di mana ia akan menandatangani beberapa perintah eksekutif.

19:00: Trump, Pence dan istri-istri mereka akan menghadiri jamuan makan Liberty and Freedom di Washington Convention Center, diikuti oleh jamuan makan militer di National Building Museum.

Sabtu

10:00: Trump, Pence dan keluarga mereka akan menghadiri Ibadah Doa Nasional di Katedral Nasional Washington.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home