Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:43 WIB | Kamis, 19 Januari 2017

7 Negara Ini Paling Cemas Menanti Pelantikan Trump

(Kiri ke kanan) Menteri Perdagangan Amerika Serikat Penny Pritzker, Presiden Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Kepala Pemerintahan Lower Saxony Stephan Weil berbincang-bincang saat upacara pembukaan Hannover Messe Trade Fair Opening di Hannover, Jerman, 24 April 2016. Jim Watson/AFP

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Dunia menanti pelantikan Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat dengan reaksi campur-aduk. Ada yang gembira, ada yang sedih atau cemas.

Rusia, Filipina, Turki dan Suriah dianggap yang bergembira. Presiden Putin, Presiden Rodrigo Duterte, Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Bashar al-Assad, selama ini dipandang memiliki pandangan yang sama dengan Trump.

Lalu siapa yang paling ketakutan?

Menurut Time, ada tujuh negara. Mereka adalah Meksiko, Jepang, Latvia, Estonia, Lithuania, Jerman, Prancis

Meksiko

Donald Trump memperingatkan berkali-kali bahwa Meksiko kemungkinan akan berhadapan dengan tembok perbatasan, tagihan atas pembangunan tembok, deportasi juta orang dan tekanan intens pada perdagangan.

Sebanyak 80 persen ekspor Meksiko ditujukan ke AS dan mendatangkan impor 80 persen dari AS. Ini akan memberi tekanan pada perekonomian Meksko. Lebih jauh, ancaman dan retorika bermusuhan dari Trump selama ini, akan meningkatkan pencalonan kandidat sayap kiri Andres Manuel Lopez Obrador dalam pemilihan presiden tahun depan.  

Jepang

Trump dan Perdana Menteri Shinzo Abe memang memiliki kepentingan yang sama. Keduanya ingin Jepang memperkuat otot militernya untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar bagi keamanannya sendiri. Seperti Trump, Abe ingin hubungan yang lebih baik dengan Putin dari Rusia, sumber penting energi untuk Jepang. Abe juga masih berharap dia bisa mencapai kesepakatan dengan Moskow untuk mendapatkan kembali kontrol atas pulau yang diserahkan kepada Soviet setelah Perang Dunia II.

Tetapi jika Trump menciptakan hubungan semakin kontroversial dengan Tiongkok, Jepang akan menemukan dirinya terjebak di antara dua mitra terbesar komersial. Belum lagi hubungan yang seringkali sulit dengan Korea Selatan, maka Jepang bisa terjebak dalam isolasi suram.

Latvia, Estonia dan Lithuania

Negara-negara Baltik akan  menyaksikan pelantikan Trump dengan  kecemasan yang khusus. Vladimir Putin mencari pembenaran terhadap campur tangan Rusia di Ukraina belum lama ini dengan mengklaim bahwa adalah kewajibannya untuk melindungi etnis Rusia yang tinggal di dalam perbatasannya. Di sisi lain, Latvia dan Estonia masing-masing memiliki persentase etnis Rusia yang lebih tinggi dibanding Ukraina.

Tentu saja, tidak seperti Ukraina, negara-negara Baltik adalah anggota NATO - namun tawaran Trump untuk mengatur ulang hubungan dengan Kremlin dan bahwa NATO adalah "usang," mengirim sinyal yang tidak bisa diabaikan oleh Latvia dan Estonia.

Dalam sebuah langkah yang mungkin akan diapresiasi oleh Trump, Latvia dan Estonia berencana untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan mereka masing-masing dengan Rusia. Tetangga Lithuania akan menutup perbatasannya dengan provinsi Rusia Kaliningrad. Sebuah kawat berduri kecil tidak akan menghentikan invasi, tetapi akan membuatnya sedikit lebih sulit untuk kelompok-kelompok kecil tentara Rusia berkelakuan buruk.

Jerman

Kanselir Angela Merkel menandai terpilihnya Trump dengan tawaran kerjasama berdasarkan nilai-nilai umum "demokrasi, kebebasan, serta menghormati aturan hukum dan martabat setiap orang, terlepas dari asal mereka, warna kulit, keyakinan, gender, orientasi seksual, atau pandangan politik."

Dengan kata lain, Jerman berharap akan bekerjasama dengan Trump kecuali jika Trump tetap mengancam Meksiko dan Muslim dengan penghinaan. Selain itu, Merkel sebelum ini telah memimpin kecaman Eropa terhadap intervensi Putin di Ukraina dan upaya untuk memaksakan dan memperluas sanksi terhadap Rusia. Keakraban Trump dengan orang kuat Rusia itu akan melemahkan Merkel dan membangkitkan kembali negara-negara Eropa yang selama ini memperingatkan bahwa menghumum Rusia sama saja dengan menghukum diri sendiri.

Prancis

Di Prancis, kecemasan terasa sangat dekat. Kemenangan Trump mungkin akan mendorong pemilih untuk memilih sayap kanan Front Nasional dalam pemilihan musim semi ini. Pemimpin partai ini, Marine Le Pen telah berjanji bahwa, jika terpilih sebagai presiden, ia akan meluncurkan tawaran untuk memimpin Prancis keluar dari Uni Eropa. Lawan-lawan Le Pen takut bahwa Trump akan secara terbuka mendukung pencalonan Le Pen, yang memberikan momentum penting. Mereka juga khawatir bahwa Trump akan menutup mata jika Rusia bekerja untuk meningkatkan pencalonannya melalui serangan siber.

Sudah bertahun-tahun sejak kedatangan presiden AS yang baru telah menimbulkan perasaan yang kuat seperti di rumah dan di luar negeri. Akan Trump menjaga janji yang telah melanda ketakutan menjadi pemimpin dan pemerintah di seluruh dunia? Hanya waktu yang akan memberitahu.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home