Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 14:30 WIB | Rabu, 29 Juli 2015

Jia Jia, Panda dengan Rekor Tertua

Jia Jia, panda raksasa yang dinyatakan sebagai pemegang rekor tertua di panangkaran. Dia tengah menikmati hidangan hadiah ulang tahun ke-37.(Foto dari Dawn)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM – Seekor panda raksasa di kebun binatang Hong Kong mungkin adalah yang tertua, ketika dia mencapai  ulang tahun ke 37 pada hari Selasa (28/7). Panda bernama Jia Jia mungkin yang tertua yang hidup dalam penangkaran.

Umurnya yang mencapai 37 tahun yang dianggap setara lebih dari 100 tahun pada manusia, merupakan hal yang luar biasa.

 Jia Jia, seperti dilaporkan AFP, mendapat sajian berupa kue ulang tahun yang menjulang tinggi yang terbuat dari es dan jus buah dengan angka 37 terukir di atasnya. Dia menikmatinya di kandang nya di Ocean Park, Hong Kong.

"Jia Jia telah mencapai dua gelar rekor dunia Guinness: panda tertua di penangkaran dan panda tertua yang pernah hidup di penangkaran," kata Blythe Ryan Fitzwilliam, juri dari Guinness World Records, dalam upacara di taman itu.

Dia menyampaikan selamat, mengatakan itu adalah prestasi yang luar biasa mencapai umur panjang".

Jia Jia lahir di alam liar di Sichuan, China pada tahun 1978 dan diberikan kepada Hong Kong pada tahun 1999 untuk menandai penyerahan kota semi-otonom oleh Inggris dua tahun sebelumnya.

Rekor sebelumnya dipegang oleh panda jantan bernama Du Du, yang juga ditangkap di alam liar dan mati pada Juli 1999 pada usia 36 tahun di sebuah kebun binatang di Provinsi Hubei, China.

Dokter hewan Paola Martelli  mengatakan,  Jia Jia masih "bergerak" meskipun dia menderita katarak dan tekanan darah tinggi.

"Dia lebih banyak tidur, sehingga kurang melakukan aktivitas. Tapi dia adalah menjalani penuaan dengan  anggun, seperti nenek Anda," katanya.

Karena dia kurang makan bambu, dia bergantung pada suplemen serat, kata Martelli menambahkan.

Jia Jia, namanya berarti "keunggulan", memilih memakan buah dan bambu yang ditabur di sekitar kue untuk merayakan hari besarnya.

Meskipun tanggal lahir secara tepat pada Du Du dan Jia Jia tidak diketahui, karena mereka lahir di alam liar, Guinness mengatakan bahwa berdasarkan bukti, mereka telah menyimpulkan bahwa Jia Jia telah mencatat rekor  dan mendapatkan gelar beberapa bulan lalu.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home