Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:20 WIB | Sabtu, 27 April 2024

India Uji Rempah-rempah Merek MDH dan Everest Diduga Mengandung Pestisida Penyebab Kanker

Seorang pria memajang rempah-rempah di pasar grosir di Islamabad, Pakistan 11 Desember 2018. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Regulator keamanan pangan India akan melakukan pemeriksaan kualitas pada produk merek rempah-rempah populer India MDH dan Everest Group setelah Hong Kong melarang penjualan beberapa produk karena diduga mengandung pestisida penyebab kanker, kata seorang pejabat senior India pada hari Senin (22/4).

Pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan inspeksi tersebut akan menguji keberadaan etilen oksida, pestisida berbahaya yang tidak layak untuk dikonsumsi manusia dan paparan jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker.

MDH dan Everest adalah nama-nama terkenal yang menjadikan dapur India sebagai pilihan utama bumbu masakan, di rumah, atau di restoran. Perusahaan juga mengekspor ke berbagai tempat, antara lain Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Inggris.

Keputusan peraturan Hong Kong diumumkan di situs web Pusat Keamanan Pangan (CFS) Departemen Kebersihan Pangan dan Lingkungan pada tanggal 5 April, namun menarik perhatian publik pada hari Senin (22/4), ketika media India melaporkannya untuk pertama kalinya.

Pada tanggal 18 April, Badan Pangan Singapura meminta penarikan kembali ‘Everest Fish Curry Masala’ karena adanya pestisida yang sama.

MDH dan Everest Group tidak menanggapi permintaan komentar mengenai penarikan tersebut. Otoritas Keamanan dan Standar Pangan India juga tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

CFS mengumpulkan sampel dari tiga produk rempah-rempah MDH yang dikemas sebelumnya – 'Bubuk Kari Madras', 'Bubuk Kari Sambhar' dan 'Bubuk Kari' - dan 'Bubuk Kari Ikan Masala' dari Everest Group untuk diuji di bawah program pengawasan makanan rutin ketika produk tersebut terdeteksi keberadaan pestisida, kata CFS.

Pihaknya menginstruksikan pedagang yang bersangkutan di kota Tsim Sha Tsui untuk berhenti menjual produk tersebut dan mengeluarkannya dari rak mereka.

“Sesuai instruksi CFS, distributor/importir terkait telah memulai penarikan produk yang terkena dampak,” kata juru bicara CFS.

Pada Juni 2023, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah menarik kembali dua campuran rempah-rempah Everest setelah dinyatakan positif mengandung Salmonella. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home