Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 17:06 WIB | Jumat, 19 September 2014

Jokowi-JK Hadiri Rakernas PDI-P, Juga Petinggi PPP dan PAN

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat menutup Rakernas pada 31 Oktober 2012. (Foto: Antara)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM – Presiden terpilih dan wakilnya, Joko Widodo-Jusuf Kalla menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/9). Petinggi PPP dan PAN juga hadir.

Jokowi hadir mengenakan busana safari merah yang merupakan seragam PDI Perjuangan sedangkan JK memakai batik lengan panjang berwarna cokelat. Kedatangan Jokowi-JK pukul 13.39 WIB beriringan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baik Jokowi-JK maupun Megawati tidak memberi komentar dan langsung memasuki gedung. Mereka hanya melambaikan tangan seraya tersenyum.

Selang beberapa menit kemudian, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini datang disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada Rakernas yang diikuti 1.590 kader partai itu, dihadiri pula oleh semua ketua umum partai koalisi Indonesia hebat seperti Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, Ketua Umum PKPI Sutiyoso, dan Ketua Umum Partai Hanura serta Ketua Umum PKB Muhaimim Iskandar.

Dan kehadiran yang paling ditunggu-tunggu adalah perwakilan dari partai Koalisi Merah Putih, yakni PPP dan PAN.

Ketua Umum plt PPP Emron Pangkapi menghadiri Rakernas IV PDI Perjuangan didampingi Wakil Sekretaris Jenderal Isa Muchsin.

Sedangkan dari Partai Amanat Nasional, diwakili oleh Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edy.

Kedatangan perwakilan dari PAN dan PPP mendapat sambutan tepuk tangan dari para kader PDI Perjuangan. Akan tetapi, kepada wartawan keduanya belum memberi pernyataan bahwa kedatangan tersebut sebagai sinyal resmi untuk bergabung dengan koalisi Indonesia Hebat.

“Kami hadir atas undangan resmi dari PDIP kepada ketum PPP untuk menghadiri acara rakernas dan kita sambut undangan ini untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik,” ujar Emron.

Rakernas PDI Perjuangan digelar pada 19-21 September 2014 sebagai momentum politik yang sangat penting bagi partai itu sekaligus merupakan “moment of the truth” untuk mempersiapkan diri menjadi Partai Pemerintah.

Titik tolaknya adalah kemenangan yang diraih pada tahun 2014, baik pada Pemilu Legislatif maupun dalam Pemilu Presiden. Oleh karena itu, Rakernas IV PDI Perjuangan akan diawali dengan sebuah pernyataan resmi oleh Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri, yang berdasarkan pasal 24 ayat (2) Anggaran Dasar mempunyai Hak Prerogatif untuk menyatakan secara resmi perubahan sikap politik PDI Perjuangan sebagai partai pemerintah. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home