Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 20:59 WIB | Rabu, 10 Agustus 2016

Jokowi Kunker ke Bali Hadiri Kongres AACC

Tujuan kongres tersebut yaitu untuk mempromosikan pembangunan demokrasi, aturan hukum, dan hak konstitusional di Asia.
Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Istana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Pulau Bali pada hari Rabu (10/8) sore untuk melakukan kunjungan kerja (kunker) menghadiri Kongres Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Lembaga Sejenis se-Asia (AACC).

Menurut pantauan Antara di Jakarta, dalam penerbangan tersebut Presiden mengenakan pakaian kemeja putih lengan panjang dan didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Presiden dijadwalkan membuka kongres ke-3 AACC pada Kamis (11/8).

Rombongan kepresidenan menumpang pesawat Indonesia Satu pada sekitar pukul 16.50 WIB dan dijadwalkan menempuh penerbangan selama sekitar 1,5 jam menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat telah menemui Presiden pada akhir Juni 2016 untuk meminta kesediaan Jokowi membuka kongres tersebut.

Menurut data di laman AACC, tujuan kongres tersebut yaitu untuk mempromosikan pembangunan demokrasi, aturan hukum, dan hak konstitusional di Asia melalui peningkatan pertukaran informasi dan pengalaman terkait konstitusional dan memperkuat kerja sama serta persahabatan diantara institusi konstitusional se-Asia.

Kongres tersebut merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh asosiasi yang beranggotakan 16 negara se-Asia yaitu Indonesia, Afghanistan, Kazakhstan, Azerbaijan, Filipina, Pakistan, Tajikistan, Turki, Korea Selatan, Malaysia, Mongolia, Rusia, Thailand, Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan Myanmar.

Kendati demikian, pada kongres AACC ke-3 kali ini hanya dihadiri 14 negara dengan absennya Pakistan dan Uzbekistan.

Kongres pertama dilakukan oleh asosiasi di Korea Selatan pada Mei 2012 dan kongres kedua diselenggarakan di Turki pada April 2014.

Untuk kongres AACC ke-3 yang dilaksanakan pada 9-13 Agustus 2016 akan mengangkat tema "Pemajuan dan Perlindungan Hak-hak Konstitusional Warga Negara".

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home