Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:53 WIB | Selasa, 09 Agustus 2016

Jokowi: Pemangkasan APBN Langkah Realistis

Di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu seperti sekarang ini, pemerintah haruslah mengambil langkah realistis untuk kembali menata APBN.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani usai menyosialisasikan kebijakan pengampunan pajak di Hotel Intercontinental Kota Bandung, hari Senin (8/8). (Foto: Biro Pers Istana)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Pemangkasan anggaran yang diputuskan pemerintah pada rapat kabinet paripurna beberapa waktu lalu sempat menimbulkan sejumlah pertanyaan dari berbagai kalangan.

Di hadapan para jurnalis, Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk menjelaskan tujuan dari diambilnya langkah strategis tersebut.

"Itu memang harus dilakukan karena kita butuh APBN yang kredibel," kata Jokowi usai menyosialisasikan kebijakan pengampunan pajak di Hotel Intercontinental Kota Bandung, hari Senin (8/8).

Menurut Jokowi, di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu seperti sekarang ini, pemerintah haruslah mengambil langkah realistis untuk kembali menata APBN.

"Kalau kita hitung-hitung lagi, kita perkirakan tidak mungkin, ya kita harus realistis. Apa yang dilakukan Bu Menkeu itu sebuah hal yang sangat nalar dan masuk kalkulasi, saya setujui," kata Jokowi seperti disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, hari Senin (8/8).

Ketika ditanyakan mengenai komponen biaya apa saja yang mengalami pemangkasan, Presiden menyebut biaya operasional dan perjalanan dinas ialah komponen biaya yang harus diefisiensikan.

"Nanti Bu Menkeu akan menjelaskan," katanya.

Sebelumnya, Presiden telah menyetujui usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang disampaikan dalam rapat kabinet paripurna 3 Agustus 2016 untuk memangkas anggaran belanja negara hingga Rp 133,3 triliun.

Saat itu, Sri Mulyani menyatakan bahwa dirinya bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro akan terus menyisir belanja kementerian/lembaga yang bisa dikurangi.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home