Google+
Loading...
FOTO
Penulis: Reporter Satuharapan 20:13 WIB | Selasa, 22 Oktober 2019

Kebakaran Pipa BBM di Padalarang

Kebakaran Pipa BBM di Padalarang
Foto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). PT Pertamina masih melakukan investigasi terkait kebakaran pipa milik pertamina itu yang letaknya berdekatan dengan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung. (Foto-foto: Antara)
Kebakaran Pipa BBM di Padalarang
Kebakaran yang terjadi di lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, tepatnya di area kilometer 129 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi, sebelumnya sempat menimbulkan ledakan keras sebanyak dua kali. Komandan Regu Dinas Pemadam Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan dua ledakan tersebut diduga berasal dari pipa minyak milik Pertamina yang merupakan penyebab kebakaran. "Ledakan cukup keras terdengar dua kali, dari lokasi kebakaran itu," kata Indrahadi, Selasa, (22/10/2019) di lokasi kejadian.
Kebakaran Pipa BBM di Padalarang
Sejumlah warga Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan berkerumun menyaksikan kebakaran yang terjadi di lokasi proyek kereta cepat, KM 129 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019).
Kebakaran Pipa BBM di Padalarang
Kapolda Jabar, Irjen Rudy Sufahriadi meninjau kebakaran yang berada di lokasi proyek kereta cepat, kilometer 129 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019). Kapolda membenarkan bahwa seorang operator kendaraan berat tewas dalam kebakaran. Operator kendaraan berat itu mungkin tanpa sengaja mengenai pipa Pertamina saat mengerjakan proses pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, kata Kapolda.
Kebakaran Pipa BBM di Padalarang
Kebakaran pipa minyak mulai padam di kilometer 129 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pertamina menyatakan kebakaran yang terjadi di sekitar pipa BBM di samping jalur tol Padalarang KM 130 telah berhasil dipadamkan pada pukul 17.20 WIB.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa malam, mengatakan sebelumnya terjadi kebakaran pada pipa milik Pertamina yang mengalirkan BBM dari Terminal BBM Ujung Berung ke Terminal BBM Padalarang.

"Kami turut prihatin atas insiden tersebut. Namun Alhamdulillah, berkat gerak cepat petugas di lapangan, saat ini kobaran api berhasil dipadamkan," ujarnya.

Menurut Fajriyah, setelah melakukan pemadaman dengan foam, saat ini tim Pertamina terus memantau kondisi di lapangan dan melakukan berbagai upaya penanggulangan lanjutan. Pertamina juga tetap berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran, kepolisian, dan instansi terkait lainnya.

Fajriyah juga menambahkan bahwa saat ini penyaluran melalui pipa sementara dihentikan. Namun pasokan BBM untuk wilayah Bandung dan sekitarnya tetap dalam kondisi aman.

"Pasokan Dex untuk wilayah Bandung masih tercukupi, termasuk dari Terminal BBM Padalarang yang stok saat ini berada di kisaran 19 hari,” tambahnya.

Adapun mengenai penyebab insiden, kata dia, Pertamina masih melakukan proses penanggulangan dan investigasi bersama pihak terkait. (Ant)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home