Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:12 WIB | Senin, 02 Maret 2015

Kiat Menghadapi Penipuan Undian Berhadiah

Kiat menghadapi SMS penipuan atas undian berhadiah (Foto: tukarcerita.com)

SATUHARAPAN.COM – “Selamat! anda mendapatkan hadiah dari TELKOMSEL poin 2013 dengan pin 277fg49. Silakan verifikasi pin Anda di situs resmi kami www.telkomselhadiah-poin2013.jimdo.com”. “Slmt!!No anda mendpt hadiah Rp 75jt dari TELKOMSELpoin. Diundi tadi mlm. Pukul.23:30.wib dI RCTI. Info Hub: 0853***** Drs. H. SRIANTO.

Berbagai promosi dalam penjualan produk, kerap diselipi dengan penawaran menggiurkan berupa hadiah menarik atau door prize dalam kemasan. Bahkan, tak sedikit pula dijumpai warga yang memperoleh undian gratis berhadiah dari suatu perusahaan atau produk yang diinformasikan melalui SMS atau telepon. Menyikapi berbagai penawaran menggiurkan tersebut masyarakat harus berhati-hati karena rawan terjadi penipuan.

“Pada undian yang asli, pemenang dipanggil penyelenggara. Hadiah ditunjukkan langsung dan pajak pun dibayar langsung pula. Tidak ada undian resmi harus pakai transfer uang, apalagi disampaikan via SMS atau telepon. Itu jelas penipuan,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Jatim, Drs AA Zainal Arifin MSi, seperti dirilis dari kominfo.jatimprov.go.id.

Ciri-ciri Penipuan Lewat  Undian Berhadiah   

Pertama, undian atau doorprize yang asli memiliki izin undian dari Kementerian Sosial yang mencantumkan no izin dalam kupon undian. Jika no izin dari Kemensos tidak ditampilkan, bisa dipastikan undian itu abal-abal (palsu).

Kedua, pemenang undian yang mendapatkan hadiah pasti akan dipanggil oleh penyelenggara dan bertemu langsung disaksikan notaris, perwakilan dinas sosial, dan dari kepolisian. Hadiahnya pun bisa langsung ditunjukkan. Kalaupun dimintai sejumlah uang adalah untuk membayar pajak hadiah.

Namun, jika pengumuman pemenang undian disampaikan melalui SMS atau telepon, dipastikan undian itu palsu, karena ujung-ujungnya korban diminta mentransfer sejumlah uang dengan berbagai alasan. Misalnya, uang transfer itu digunakan untuk membayar pajak hadiah atau untuk mengganti biaya balik nama surat-surat kendaran hadiah.

Pelaku penipuan, baik lewat SMS, telepon, atau email, biasanya menggunakan nama besar untuk memperdaya korbannya. Hal ini dilakukan agar sang korban memosisikan diri sebagai individu yang diperhatikan oleh sosok besar, misalnya perusahaan, institusi, atau bahkan pihak berwajib seperti kepolisian. Sang korban kemudian diminta mengirimkan sejumlah uang agar dan nanti dibalas dengan angka berlipat.

Menggunakan nomor kontak aneh,  sering kali dalam SMS atau email penipuan, korban diminta menghubungi nomor kontak perusahaan, guna mendapatkan informasi mengenai undian yang baru saja dimenangkan korban. Anehnya, sering kali kontak yang dipakai itu tak lazim. Ada pelaku yang menggunakan nomor telepon biasa, namun banyak pula yang menggunakan nomor ponsel. Kebanyakan, perusahaan besar menggunakan mesin penjawab ketika anda menghubungi nomornya. Selain itu, undian resmi biasanya mengumumkan pemenangnya lewat media massa. Periksalah media massa mulai dari televisi hingga koran untuk memastikan apakah anda memang memenangkan sebuah undian.

-Sering kali sebuah undian dipublikasikan di media massa. Entah itu lewat pemberitaan, atau juga yang lewat iklan. Namun begitu, banyak juga modus SMS dan email penipuan yang mendompleng iklan undian resmi yang sedang berlangsung. Untuk memastikan hal itu, periksa ulang SMS dan bandingkan dengan iklan yang ada.

-Pakai situs abal-abal; penipu biasanya juga membuat situs online untuk memampang nama pemenang undian yang sebenarnya juga adalah korban. Hal ini tentu bisa menipu karena situs tersebut bisa diduplikasi dari situs resmi.  Mereka menggunakan layanan blog gratis seperti Blogspot, Wordpress, Weebly, dan sebagainya untuk menipu orang. 

Meminta data pribadi; data pribadi seperti nomor rekening bank dan kartu kredit adalah data rahasia yang hanya boleh diketahui oleh pemiliknya.  Biasanya, penyelenggara undian yang asli akan meminta peserta untuk menyertakan fotokopi KTP. Jika menang, baru nanti fotokopi KTP itu akan diverifikasi lagi dengan cara mencocokkannya dengan yang asli.

Dengan melihat butir-butir di atas, maka harap berhati-hati jika ada SMS atau email dari penyelenggara undian yang tiba-tiba meminta nomor rekening.

Tip Mengecek Undian Berhadiah atau Penipuan Melalui Perusahaan Provider

Pada umumnya, pemenang undian hadiah yang diselenggarakan secara resmi oleh perusahaan  provider atau apa pun selalu diumumkan melalui web site resmi, dan mencantumkan nomor yang dapat dihubungi secara khusus. Selain itu, penyelenggara tidak memungut biaya apa pun dari pemenangnya. Apabila ingin melapor kan undian penipuan, ada nomor khusus yang harus dihubungi.

XL: hal yang harus diperhatikan ketika mendapat SMS pengumuman pemenang hadiah dari XL, perhatikan nomor pengirim. Pengumuman yang resmi dari XL, biasanya dikirim melalui nomor 818. Cek juga website resmi XL. Pengumuman pemenang  program berhadiah XL biasanya diumumkan melalui website resminya www.xl.co.id, atau customer service XL di 817 customerservice@xl.co.id. Untuk lapor SMS Penipuan khusus operator pengguna XL dengan mem-forward SMS penipuan tersebut ke nomor 588, gratis.

Telkomsel (Kartu Halo, Simpati, dan Kartu As): lihat ke situs resmi Telkomsel, yaitu www.telkomsel.com. Promosi berhadiah yang resmi dari Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, di antaranya melalui Surat Resmi, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau dari Call Center Telkomsel. Atau kita dapat menelepon layanan call center nomor 111 untuk pelanggan Kartu Halo dan 116 (Simpati dan Kartu As), serta 128 khusus pelanggan korporat. Bisa juga telepon ke nomor lain, yakni 08071811811.

Tersedia pula akses khusus via website www.telkomsel.com/web/telkomselwebcare, atau email ke cs@telkomsel.co.id. Pelanggan Telkomsel juga dapat mengunjungi GraPARI terdekat. Untuk mengadukan SMS  penipuan, Telkomsel juga telah membuka layanan SMS 1166 sebagai sarana pengaduan SMS penipuan. untuk pengaduan SMS penipuan Telkomsel Format SMS: Penipuan#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan kirim ke 1166.

Indosat ( IM3, Mentari, Matrix, StarOne): hal pertama yang harus dilakukan, periksa dulu nomor pengirim. Biasanya Indosat mengirim informasi yang terpilih sebagai pemenang melalui jalur resmi, bukan nomer pribadi. Ketika mendapat SMS pemberitahuan hadiah dari Indosat, langsung cek websitenya Indosat www.indosat.com .  PT Indosat Tbk tidak pernah menyelenggarakan undian berhadiah melalui situs gratis atau situs berbayar lainnya di luar dari website resmi Indosat.

Untuk mengecek kebenaran berita apa itu benar dari Indosat berikut nomor yang bisa dihubungi: Call Center Indosat Via PSTN : 021 5438 8888,  021 3000 3000,  021 3011 1111 Via Matrix & StarOne: Dial 111 (Free) , Via Mentari : Dial 222 (Free) ,  Dial 100 (Rp  400,-/call), Via IM3: Dial 100 (Rp 400,-/call), Fax: 021 5449501-0, atau langsung kunjungi ke  Galeri Indosat. Untuk lapor SMS penipuan via SMS Indosat Format SMS : SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS Penipuan kirim ke 726

Tri (Three): Tri biasanya hanya mengumumkan dan mendistribusikan informasi tentang program dan promosi seputar produk maupun layanan Tri ke pelanggan melalui media massa, website resmi Tri (www.tri.co.id), layanan mandiri Tri (http://internet.tri.co.id), dan media jejaring sosial resmi milik Tri (facebook/triindonesia, twitter@triindonesia, youtube.com/triindonesia). Jika di luar itu, bisa jadi itu merupakan penipuan.  Untuk mengecek kebenaran pengumuman hadiah dari Tri,  bisa menghubungi 3Care di nomor 123 dari kartu Tri atau 0896 4 4000 123 dari PSTN atau operator lain, serta email 3care@three.co.id  atau bisa juga langsung mengunjungi 3Store terdekat.

Smartfren: Coba cek situs resmi smartfren di www.smartfren.com. Untuk mengecek kebenaran pengumuman hadiah dari Smartfren dengan menghubungi nomor 888 atau 08811223344

Axis, Untuk mengecek jika ada pengumuman hadiah bisa dicek web resmi Axis di www.axisworld.co.id. Untuk mengecek  bisa menghubungi 838 (Rp 300 per telpon) langsung dari nomor AXIS atau 0838 8000 838 dari operator lain.

Telkom Flexi:  Jika benar mendapat hadiah dari Telkom, biasanya tiap pemenang hadiah dari Telkom akan dihubungi secara tertulis melalui surat resmi pemberitahuan pemenang dari Telkom. Pemenang diumumkan secara terbuka di media massa. Telkom tidak pernah melakukan korespondensi, SMS, maupun telepon dengan pemenang,  dan biasanya petugas Telkom langsung bertemu dengan pemenang secara fisik, dilengkapi dengan bukti-bukti pendukung yang sah. Telkom biasanya juga mengimbau agar pelanggan jangan bersedia mentransfer uang, pulsa, dan lain-lain untuk alasan apa pun (pajak, ongkos kirim, dan lain-lain).Untuk mengecek coba hubungi 147 website: www.telkomflexi.com.

ESIA: Untuk mengecek apakah ada Indikasi penipuan melalui SMS, telepon dan Website yang mengatasnamakan esia. Perhatikan apakah yang memberitahukan pengumuman hadiah meminta uang, karena PT Bakrie Telecom tidak pernah memungut biaya dan pajak hadiah dari pemenang. Biasanya pemenang akan diumumkan di website resmi esia di www.myesia.com. Cek kebenaran info coba hubungi melalui Contact Center *990/021 91009999.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mengecek dan lapor SMS penipu. Yang sudah telanjur kena tipu, dan apalagi sampai kena tipu jutaan rupiah, sebaiknya segera lapor polisi.  (kominfo.jatimprov.go.id/infoponsel.web.id) 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home