Loading...
EKONOMI
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 19:54 WIB | Selasa, 29 Desember 2015

Kuliner Jombang: Rujak Cingur Bu Bokin Kesukaan Presiden Ke-4 RI

Warung rujak cingur Bu Bokin Jombang. (Foto: Febriana DH)

JOMBANG, SATUHARAPAN.COM – Eksistensi “Warung Rujak Cingur Bu Bokin”, yang terletak di Jalan Wisnu Wardhana 44 Jombang, Jawa Timur, telah mewarnai tujuan wisata kuliner di Kota Jombang sejak tahun 1983 silam. Warung rujak cingur Bu Bokin menyajikan menu rujak cingur yang merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur.

Alfia Masbuchin memberi nama warung rujak cingurnya dengan nama “Bu Bokin” agar mudah diingat. Masbuchin berkata, warung yang terletak di rumahnya itu, tidak membuka cabang dimana pun sejak awal berdirinya.

Warung rujak cingur Bu Bokin merupakan favorit para politisi, diantaranya (Alm) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden Keempat RI, Muhaimin Iskandar (Gus Imin), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Keluarga Gus Dur selain suka membeli rujak cingur, juga suka membeli bumbu rujaknya saja untuk diolah sendiri di rumah,” kata Masbuchin.

Masbuchin menjabarkan bahan-bahan membuat rujak cingurnya. Rujak cingur terdiri dari olahan bumbu dan isian rujak. Olahan bumbu rujak cingur terdiri dari terasi, gula pasir, garam, gula merah, asam jawa yang dikukus, pisang biji, cabe sesuai selera, kacang tanah yang digoreng, petis yang dikukus, dan air. Isian rujak cingur terdiri dari sayur rebus (bendoyo, kecambah, dan kangkung), mentimun, kedondong, bengkoang, nanas, tahu goreng, tempe goreng, cingur sapi, dan lontong.

Warung Bu Bokin selain menjual rujak cingur sebagai menu utama, juga menyediakan menu minuman es godir yang berbahan dasar rumput laut.

Warung rujak cingur ini disebut sebagai warung rujak “kesuen” oleh pembelinya, yang berarti warung rujak dengan pelayanan yang terlalu lama, hal itu karena rujak cingur di warung tersebut hanya dikerjakan oleh satu orang yaitu Masbuchin yang sudah semakin renta dan pesanan yang tidak pernah sedikit jumlahnya.

“Saya setiap harinya minimal menerima pesanan rujak cingur sebanyak 60 bungkus, bahkan sampai 200 bungkus,” ujar Masbuchin.

Rujak cingur di warung Bu Bokin dijual dengan harga 12.000 rupiah per porsi, sedangkan es godir dijual dengan harga 3.000 rupiah per gelas. Warung Bu Bokin buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Pembeli rujak Bu Bokin selain merupakan warga Jombang, juga dibanjiri warga dari luar kota dan para artis juga budayawan, diantaranya Sujiwo Tejo, Adi Bing Slamet, Grup Ludruk Jawa Timur, Grup Srimulat, dan bahkan seorang penasihat spiritual yang sensional, Eyang Subur.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home