Google+
Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:44 WIB | Rabu, 15 Agustus 2018

Lebih 300 Pastor Melakukan Pelecehan Seksual pada Anak

Ilustrasi. Reaksi mantan pastor James Faluszczak, yang mengatakan mengalami pelecehan seksual oleh seorang pastor saat masih remaja, ketika Jaksa Agung Pennsylvania Josh Shapiro berbicara di konferensi pers di Pennsylvania Capitol di Harrisburg, 14 Agustus 2018. (Foto: voaindonesia.com)

PENNSYLVANIA, SATUHARAPAN.COM – Lebih dari 300 pastor melakukan pelecehan seksual, terhadap setidaknya 1.000 anak selama 70 tahun terakhir, dan pimpinan gereja melakukan apa saja yang mereka bisa lakukan untuk menutupi, kata laporan panel juri pengadilan Pennsylvania.

Laporan itu menyebutkan, jumlah korban sebenarnya mungkin ribuan karena catatan gereja hilang, dan beberapa korban terlalu takut untuk melaporkan kejahatan itu.

Laporan panel juri itu mengatakan, anak laki-laki dan perempuan di enam keuskupan di Pennsylvania adalah korban. Seorang pastor dituduh memperkosa seorang anak perempuan di ranjang rumah sakit seusai anak itu menjalani operasi amandel.

Seorang anak laki-laki mengatakan, ia diberi jus dan terbangun keesokan hari, dengan bagian belakangnya berdarah, tidak tahu apa yang terjadi. Beberapa pastor dituduh berbagi pornografi anak dan foto-foto anak laki-laki telanjang.

Laporan itu menyebutkan, beberapa uskup dan pemimpin gereja lain mengetahui kejahatan itu, tetapi tidak melaporkan ke polisi karena khawatir akan publisitas yang buruk dan tuntutan hukum.

Para pastor pelaku pelecehan malahan dikirim ke tempat yang disebut gereja sebagai pusat perawatan, dan banyak dari mereka kembali ke tempat semula, terus melayani selama puluhan tahun.

Dari lebih 300 pastor yang disebut dalam laporan itu, hanya dua yang dijatuhi pidana.

Vatikan belum mengomentari laporan itu tetapi keuskupan Pittsburgh, Selasa (14/8), meminta maaf. (Voaindonesia.com)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home