Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 11:07 WIB | Kamis, 24 November 2016

Legislator: Pahlawan Utamakan Kepentingan Orang Banyak

Anggota Komisi III DPR RI, Kadir Karding (kedua dari kanan) dalam diskusi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (23/11). (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi III DPR RI, Kadir Karding, menegaskan kriteria pahlawan nasional di antaranya haruslah memiliki sifat dan karakter yang mengutamakan kepentingan nasional dalam memajukan bangsa, yang dapat dilihat dari para pahlawan nasional yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Pahlawan adalah orang yang memiliki keberanian yang mengedepankan hasil untuk orang banyak, yaitu menguntungkan dan demi kepentingan orang banyak,” kata Karding dalam diskusi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (23/11).

Saat ini, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, tidak banyak ditemui sifat kenegarawanan yang mengutamakan kepentingan nasional dalam memajukan bangsa.

Namun, tidak menutup kemungkinan sifat tersebut dimiliki oleh politisi yang mengutamakan kepentingan nasional dengan memperjuangkan hak rakyat demi terciptanya kemajuan bangsa. “Politisi jika berbuat baik untuk kaidah kepentingan bangsa itu adalah pahlawan. Pahlawan itu orang yang merepresentasikan untuk orang banyak,” kata dia.

Terkait kebinekaan atau persatuan bangsa, kata Karding, Indonesia merupakan pencetus kebinekaan dengan mempersatukan ras, suku, dan bahasa sejak lama, dibandingkan negara Eropa yang belum lama ini justru mengikuti jejak bangsa Indonesia.

“Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia merupakan pencetus pertama. Kalau Eropa, baru saja membahas kultural," katanya.

Untuk itu Karding berharap masyarakat tetap menjaga dan terus mentradisikan rasa persatuan dan kesatuan dengan tidak membeda-bedakan ras, suku, dan bahasa, dimulai dalam diri setiap orang.

“Ke depan kita harus mentradisikan kehidupan berbineka tunggal ika, mulai dari diri kita,” kata dia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home