Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:20 WIB | Senin, 24 Agustus 2015

Letjen Purnawirawan Kiki Syahnakri, Produser Eksekutif Film Soedirman

Letnan Jenderal Purnawirawan Kiki Syahnakri (tengah) di konferensi pers pemutaran perdana Film Soedirman di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/8). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Nama Letnan Jenderal Purnawirawan Kiki Syahnakri, masuk dalam jajaran orang yang sangat berpengaruh dalam munculnya Film "Jenderal Soedirman". Letjen (Purn) Kiki Syahnakri merupakan produser eksekutif yang menggelontorkan sejumlah dana untuk proses pembuatan film sejarah besutan Viva Westi itu.

Menurut Viva, tak mudah meyakinkan orang agar dapat mencurahkan dana untuk pembuatan film gerilyawan tersebut. Namun, ujar Westi, nyatanya Letjen (Purn) Kiki Syahnakri menyambut ide dari para awak film untuk merealisasikan kisah perjalanan Soedirman ke arah selatan untuk melaksanakan perang gerilya.

Kendati film menghabiskan dana lebih dari Rp 10 miliar, Letjen (Purn) Kiki Syahnakri mengaku puas dapat menyemangati pelaku seni mewujudkan kisah perjalanan pelaku sejarah ternama tersebut dalam bentuk visual. Letjen (Purn) Kiki Syahnakri mengaku mendukung pembuatan film dari proses produksi awal hingga akhir.

“Pengembangan skenarionya satu tahun. Kita ingin seobjektif mungkin. Saya tinjau pelaksanaan shooting untuk menyemangati mereka. Film itu semula keinginan saya, saat saya masih dinas (belum pensiun, Red), tapi sekarang baru ada kesempatan,” ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Darat 2000-2002 itu seusai konferensi pers dalam pemutaran perdana Film Soedirman di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/8).

Letjen (Purn) Kiki Syahnakri juga mengaku sempat ikut meninjau proses pembuatan film hingga di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, kendati medan sulit dijangkau. Ia berharap, munculnya film sejarah ini dapat menjadi kado bagi 70 tahun bangsa Indonesia. 

Editor : Sotyati

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home