Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 06:51 WIB | Minggu, 11 Desember 2016

Mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammad Tutup Usia

Mar'ie Muhammad. (Foto: AFP/Agus Wahyudi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mantan Menteri Keuangan di era Soeharto, Mar’ie Muhammad tutup usia di umur 77 tahun pada hari Minggu (11/12) di RS Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di rumahnya di Jalan Taman Brawijaya, Kebayoran Baru. Sebelum meninggal, Mar’ie Muhammad telah dirawat di rumah sakit, namun pihak keluarga masih enggan menginformasikan penyakit apa yang sedang diderita oleh Mar’ie.

Mar'ie Muhammad lahir di Surabaya 3 April 1939. Mantan Menteri Keuangan pada periode Orde Baru ini diberi gelar Mr. Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di era-nya yang masih sarat dengan korupsi.

Pendidikan terakhir yang ditempuh adalah Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia.Sebelum menjadi Menkeu, Mar'ie mengabdi Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI (1969 - 1972), kemudian mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur (1972-1988).

Mar'ie kemudian mengabdi di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (1988-1993 ), dan diangkat menjadi Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI (1993-1998).

Mar'ie tercatat pernah menjadi Ketua Oversight Committee (OC) BPPN, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia. (wikipedia)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home