Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:59 WIB | Jumat, 01 November 2013

Mantan Pemimpin Khmer Merah Menolak Tuduhan Genosida

Mantan Pemimpin Khmer Merah, Kamboja, Khieu Samphan dan Nuon Chea.

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM - Mantan pemimpin Khmer Merah, Nuon Chea, membantah semua tuduhan terhadap dirinya pada hari terakhir sidang bagi para pemimpin rezim Kamboja yang dipertsalahkan atas kematian sekitar 1,7 juta orang.

Nuon Chea (87 tahun) adalah Kepala Ideologis rezim Khmer Merah, di bawak pimpinan Khieu Samphan (82 tahun). Dia dituntut di pengadilan atas keterlibatan Khmer Merah dalam kasus genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Nuon Chea pada Kamis (31/10) membantah tuduhan-tuduhan termasuk penyiksaan, perbudakan dan pembunuhan, dan perannya dalam rezim komunis radikal yang berkuasa hampir 40 tahun yang lalu.

Khieu Samphan juga menyangkal tuduhan pada hari Kamis. Keduanya merupakan pemimpin Khmer Merah paling senior yang masih hidup. Sidang akan mengambil putusan untuk perkara yang dikenal sebagai Kasus 002 itu pada semester pertama 2014, setelah lebih dari dua tahun berjalan.

Kematian akibat eksekusi, penyakit, penyiksaan dan kelaparan meluas di Kamboja selama pemerintahan Khmer Merah pada 1970-an. Dan jaksa menuntut hukuman penjara seumur hidup terhadap kedua orang itu.

Nuon Chea mengatakan kepada pengadilan di Phnom Penh bahwa dia tidak pernah memerintahkan kader-kader komunisnya untuk melakukan kejahatan. Meskipun ia menyatakan penyesalan terdalam untuk para korban Khmer Merah.

Nuon Chea bersikeras mengatakan dia melaksanakan tugasnya untuk negara dan rakyat yang dicintainya. (aljazeera.com/ voa.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home