Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 21:07 WIB | Sabtu, 01 Agustus 2015

Marinir dan Pemprov DKI Akan Tanam Terumbu Karang

Ilustrasi terumbu karang. (Foto: phys.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Korps Marinir Indonesia bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar penanaman terumbu karang berskala besar di wilayah perairan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Penanaman terumbu karang dilakukan untuk merehabilitasi ekosistem karang di Pulau Seribu yang rusak.

“Penanaman terumbu karang sebenarnya sudah berjalan sebelum puasa, tapi puncaknya 16 Agustus besok. Penanaman dilakukan di Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Lancang,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepulauan Seribu, Budi Utomo, saat dihubungi satuharapan.com, hari Sabtu (1/8).

Bibit terumbu karang ini diambil dari pembudidaya karang. Pembudidaya terumbu karang mayoritas tinggal di Pulau Pramuka, Pulau Panggang, dan Pulau Tidung. Jumlah bibit yang disiapkan untuk 16 Agustus mendatang sebanyak 56.000 bibit. Sementara, sejak Ramadan lalu, di Pulau Pramuka dan Pulau Karya secara rutin telah dilakukan penanaman bibit terumbu karang.

“Di Pulau Pramuka dan Pulau Karya sudah sampai 300 rak penanamannya. Satu rak  berisi 20 bibit. Sekarang sudah 500 rak yang ditanam,” ujar dia.

Dalam puncak acara penanaman terumbu karang yang juga akan dilakukan serentak di seluruh wilayah di Indonesia, Budi Utomo akan mengerahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) untuk mengikuti upacara penanaman tersebut. Selain penanaman terumbu karang, akan dilakukan juga penanaman mangrove dan pembersihan sampah plastik di wilayah perairan Kepulauan Seribu. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home