Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:33 WIB | Minggu, 12 Juli 2015

Penataan Pulau Seribu Diimpikan Seperti Republik Seychelles

Pulau di negara Republik Seychelles. (Foto: theguardian.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ada kemiripan geografis antara Republik Seychelles dengan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, yakni wilayahnya yang berbentuk kepulauan.

Selain itu, Seychelles dan Kepulauan Seribu pun sama-sama memiliki lebih dari 100 pulau. Namun, pengelolaan Seychelles yang baik membuat negara yang terletak di Samudra Hindia itu menjadi tujuan wisata internasional.

Belajar dari Seychelles, Kepulauan Seribu ke depan akan diimpikan menjadi destinasi wisata dunia yang menjadi kebanggaan DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kemiripan Seychelles dan Kepulauan Seribu menggelitik pemerintah untuk menjalin kerja sama dengan negara tetangga Maladewa itu.

“Duta Besar Negara Seychelles nanti akan undang Bupati Pulau Seribu untuk ikut karnaval di sana  (Seychelles, Red) karena negara itu sudah jadi destinasi dunia. Kita mau mengarahkan pembangunan seperti Seychelles. Makanya beliau (Duber Seychelles) kita ajak ke sini supaya bisa bagi pengalaman bersama kami,” kata Djarot di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, kemarin (11/7).

Meski berbeda status pemerintahan, yakni Kepulauan Seribu sebagai kabupaten dan Seycehless sebagai negara republik, Djarot yakin pembangunan kepulauan ini tak terkendala sistem administrasi. Justru, perbedaan status administrasi menjadi tantangan bagi Jakarta untuk membangun Kepulauan Seribu layaknya negara kepulauan sekelas Seychelles.

“Loh ya itu nggak masalah. Ini kan juga wilayah. Republik, kabutapen, kota nggak ada masalah itu hanya sistem administratif doang. Tantangannya adalah gimana jadikan Kepulauan Seribu jadi destinasi dunia yang bisa menarik wisatawan dengan berbagai macam keragaman yang ada,” kata Djarot.

Kepulauan Seribu menurutnya memiliki potensi yang tinggi untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung.

“Namanya saja sangat eksotis bikin orang penasaran, Thousand Island. Nama pulaunya juga bikin penasaran. Ada Pulau Hantu, Pulau Laki. Itu kan bikin menarik,” ujar Djarot.

Selain nama yang eksotis, keindahan yang ditawakan Kepulauan Seribu pun tak kalah menarik. Jajaran pulau dan laut yang masih perawan diharapkan dapat diolah dengan baik sehingga tak menjadi keindahan yang sia-sia. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home