Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:57 WIB | Selasa, 14 Maret 2017

Matakin Rencanakan Gelar Kongres Internasional

Ilustrasi: Ketua Umum Matakin, Uung Sendana saat hadir di Apel Kebhinekaan Lintas Iman pada pertengahan Januari 2016. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) berencana menggelar kongres umat Konghucu sedunia di Indonesia.

"Rencananya, pada 13 - 15 Oktober 2017 mendatang, Matakin hendak mengundang para pemeluk Konghucu di berbagai belahan dunia untuk kongres. Beberapa pemeluk Konghucu di beberapa negara seperti Tiongkok, Taiwan, Kostarika, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Australia dan lain sebagainya, siap datang," kata Uung, hari Senin (13/3), saat menemui Menterii Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin  di Kantor Kementerian Agama Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik rencana tersebut

Sebelum kongres, lanjut Uung, Matakin berencana mengadakan pertemuan dengan para tokoh Islam. Pertemuan ini rencananya akan digelar bekerjasama dengan MUI. “Semoga pertemuan antara Matakin dan para tokoh Islam ini mampu memberi hal positif bagi Indonesia," harap Uung.

Selain membahas rencana Kongres Internasional, Matakin juga berdiskusi tentang Kepala Pusat yang membidangi Agama Konghucu di Tubuh Kemenag, ASN Konghucu di Kemenag, dan hal lain terkait perkembangan ormas Konghucu di Indonesia.

Konghucu, menurut Uung adalah agama lama yang telah dianut, sejak 202 SM. "Pada sekitar 1911-an, saat Tiongkok berubah dari kekaisaran menjadi Republik, agama Konghucu diubah menjadi filosofi negara," kata Uung. (kemenag.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home