Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 19:46 WIB | Senin, 16 Januari 2017

Menag: Anggota BPKH Masih Diseleksi

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM – Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk membentuk badan pengelolaan keuangan haji (BPKH), Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa Panitia Seleksi (Pansel) sedang melakukan seleksi calon Anggota Dewan Pengawas BPKH.

"Orang-orangnya sekarang sedang diseleksi oleh tim pansel dan sedang berproses," kata Menag di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, hari Senin (16/1).

Menag berharap pansel bekerja profesional sehingga bisa menghasilkan calon-calon anggota BPKH terbaik.

“Tentunya kami berharap betul pansel bisa bekerja secara profesional sehingga yang dihasilkan adalah yang terbaik di antara mereka yang mendaftar,” kata dia.

“Karena memang BPKH ini diperlukan orang-orang yang profesional, orang yang juga punya pengalaman cukup bagaimana bergerak di dunia investasi karena dana yang dihimpun haji ini dana yang tidak kecil sehingga harapan kita tentu dengan dikelola akan jauh lebih memiliki nilai manfaat,” dia menambahkan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi ) menyarankan dana besar calon jemaah haji yang selama ini hanya mengendap bisa diinvestasikan ke usaha lain yang aman.

“Investai berbasis ekonomi syariah ini harus bisa memberi nilai lebih bagi pelayanan calon jamaah Haji. Lebih-lebih daftar tunggu calon jamaah dari tahun ke tahun semakin panjang,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar dalam Rapat Terbatas yang membahas pembentukan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) dan Kesiapan Penyelenggaraan Haji Tahun 2015/1436 H di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/6/2016).

Pada kesempatan ini, sesuai perintah Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, Presiden Jokowi sebagaimana dilansir oleh Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki, meminta Menteri Agama Lukma Hakim Saifuddin untuk mempercepat pembentukan BPKH agar pengelolaan dana yang telah disetorkan oleh calon jamaah haji dapat dilakukan secara lebih optimal, efisien, transparan, dan akuntabel.

Selain itu, Presiden juga meminta diperkuatnya pengawasan pelaksanaan haji agar penyelenggaraan haji dapat berjalan dengan lancar.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home