Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 14:44 WIB | Senin, 10 Agustus 2015

Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu

Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu
Sebuah foto kombinasi yang menunjukkan salah satu gedung industri Hiroshima yang saat ini dikenal sebagai Atomic Bomb Domb Memorial Park pasca bom atom dijatuhkan oleh pasukan Amerika Serikat pada 6 Agustus 1945. Foto ini diambil oleh Toshio Kawahara dan dirilis oleh cucunya Yoshio Kawamoto.
Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu
Foto direkan di lokasi yang sama dengan kondisi berbeda pasca bom atom Hiroshima diambil dari atas jembatan Aioi Bridge pada tanggal 28 Juli 2015.(Foto: REUTERS/ Toshio Kawamoto/ Yoshio Kawamoto/ Handout via Reuters/ Issei Kato)
Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu
Kombinasi foto dengan kondisi bangunan Katedral Urakami pasca ledakan bom atom yang hancur di kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945 yang difoto oleh Shigeo Hayashi.
Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu
Foto terekam di lokasi yang sama sebuah bangunan Katedral Urakami yang dibangun kembali di Nagasaki, barat daya Jepang yang direkam pada 31 Juli 2015 (Foto: REUTERS/Shigeo Hayashi/Nagasaki Atomic Bomb Museum/Handout via Reuters/Issei Kato)
Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu
Sebuah foto kombinasi menunjukkan salah satu sudut jalan Yorozuyo Bridge yang terkena dampak bom atom Hiroshima pada 6 Agustus 1945 lalu direkam oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada bulan Oktober dan November 1945 yang didistribusikan oleh Hiroshima Peace Memorial
Mengintip Pasca Bom Atom Hiroshima 70 Tahun Lalu
Foto menunjukkan di lokasi yang sama sebuah jembatan Yorozuyo terletak 860 meter dari pusat ledakan bom atom Hiroshima saat ini masih terlihat hangus pada sisi pinggir jembatan yang direkam pada 29 Juli 2015

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Puluhan ribu orang berkumpul di Hiroshima, Jepang, dalam rangka peringatan 70 tahun peristiwa bom atom pertama. Peringatan digelar di Peace Memorial Park Atomic Bomb Domb sejak pagi waktu setempat pada Kamis (6/8).

Peristiwa bom atom 6 Agustus 1945 di Kota Hiroshima sampai saat ini masih menyisakan ingatan setiap orang. Senjata nuklir Amerika Serikat dijatuhkan pertama kali di Hiroshima dan selang tiga hari dijatuhkan ke Nagasaki sampai akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat, yang membuat perang dunia ke II berakhir.

Ratusan ribu nyawa melayang secara langsung karena luka bakar dan sisanya tewas akibat dampak radiasi yang mengakibatkan kanker serta cacat dari lahir. Diperkirakan ada 140.000 korban tewas di Hiroshima termasuk korban yang terkena dampak dari radiasi. Kematian akibat dampak tersebut hingga saat ini masih terus terjadi, mayoritas adalah perempuan, anak-anak serta orang tua.

Peringatan 70 tahun atas peristiwa mengerikan tersebut menjadi bagian dari sejarah dunia. Gambaran tentang kondisi dan suasana akibat bom pemusnah massal di Hiroshima terekam dalam gambar pasca ledakan dan sekarang. (www.hindustantimes.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home